Sabhara Polres Sumenep Gelar Dalmas

Reporter: Liq

Sumenep, Rabu 14/09/2016 (suaraindonesia-news.com) – Sat Sabhara Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan pelatihan pengendalian massa (Dalmas), Rabu (14/09).

Latihan dilaksanakan dihalaman Apel Mapolres Sumenep yang di ikuti 1 peleton, 30 anggota Sabhara dan dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Junaidi.

“Kegiatan latihan Dalmas ini dilakukan setiap hari rabu bila tidak ada unjuk rasa maka kita lakukan latihan pengendalian massa,” kata Kasat Sabhara AKP Junaidi.

Ia menambahkan, tujuan dari Dalmas sendiri supaya lebih siap, fisik dan mental siap untuk menghadapi kegiatan masyarakat seperti unjuk rasa, juga melatih kesiapan personil Sat Sabhara Polres Sumenep, sedangkan latihan Dalmas berupa formasi, seperti formasi berbanjar, formasi bershaf dan formasi perut.

“Sesuai perkap 16 yang kita latihkan tadi sikap-sikap dasar Dalmas awal dan Dalmas lanjut, kalau Dalmas awal itu tidak ada peralatan hanya memakai tali polisi sedangkan Dalmas lanjut, dilanjutkan peralatan yaitu tameng dan tongkat,” imbuhnya.

Junaidi berharap dengan selalu berlatih, supaya lebih siap sewaktu-waktu diperlukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat melakukan demontrasi, dan pihaknya sudah siap dengan segala sesuatunya.

“Karena setiap gerakan Dalmas melatih kekompakan kita dalam satuan ikatan peleton maupun kompi sehingga pada saat kita melaksanakan pengamanan unjuk rasa kita sudah siap raga dan jiwa kita,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here