Rombongan SKK Migas Sumbagsel Diterima Wakil Gubernur Jambi

Reporter: Inro

JAMBI, Jumat (10/3/2017) suaraindonesia-news.com – Wakil Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum menerima kunjungaan kerja Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) Sumbagsel mengharapkan kerjasama Pemerintah Daerah dengan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Kantor Gubernur Jambi, Jum’at (10/03/2017).

Dikatakan Fachrori Umar, kunjungan kerja yang dibawah pimpinan Skk migas sumbagsel dengan membawa KKKS mengharapkan transparasi dari pihak pengelolaan usaha SKK Migas dalam pencegahan tindak korupsi.

“Dimana kerjasama antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada sektor hulu Migas diharapkan mampu berjalan dengan baik tanpa cacat hukum,” jelasnya.

Turut dihadiri olehPerwakilan dari setiap KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) Wilayah Jambi.

Fachrori Umar mengapresiasi kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Jambi tersebut.

Untuk CSR (Corporate Social Responsibilty) dari perusahaan-perusahaan telah dilaksanakan dengan baik seperti apa yang telah disampaikan oleh Perwakilan dari SKK Migas tadi.

“Tinggal merangkul masyarakat setempat lebih erat lagi dengan mengadakan sosialisasi untuk kerjasama yang lebih baik lagi,” kata Wagub.

Wagub berharap sekaligus menekankan supaya perusahaan-perusahaan lingkup SKK Migas merekrut putra putri daerah Provinsi Jambi yang memiliki kemampuan dalam bidang Migas.

“Jika ada putra putri daerah Provinsi Jambi yang memiliki kemampuan tersebut kenapa kita harus merekrut orang dari luar daerah Jambi.  Kita harus menghilangkan kesan-kesan negatif yang selama ini berkembang terhadap putra pitri daerah Jambi,” ujar Wagub.

Dijelaskan Wagub bahwa Jambi terjepit oleh Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Selatan dalam hal Migas ini.

“Kita harus bersama-sama membangun Jambi untuk lebih maju lagi dengan cara membangun semua dari pinggiran dan merangkul semua lapisan masyarakat agar bekerjasama mewujudkan itu semua,” tutur Wagub.

Sementara itu  Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Tirat Sambu Ichtijar menyampaikan bahwa kunjungan SKK Migas Perawakilan Sumbagsel ini merupakan tindak lanjut dari Upacara Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tanggal 9 Februari 2017 di Lapangan Pertamina EP Kenali Asam, serta mengenalkan SKK Migas lebih jauh kepada Wagub.

Tirat mengatakan, kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel ini memang ingin menyapa Wagub untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan maupun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagsel

“SKK Migas Perwakilan Sumbagsel ini memiliki 5 wilayah kerja yaitu: Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung,” ujar Tirat.

Tirat menerangkan, Wilayah Jambi memiliki 14 KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) terdiri dari 9 KKS Produksi dan 5 KKS Eksplorasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi kecuali di Kabupaten Kerinci.

“Untuk kegiatan eksplorasi di Jambi yang dilaksanakan pada Tahun 2017 masih terkendala banjir karena curah hujan yang tinggi, semua lokasi eksplorasi masih terendam banjir sehingga belum bisa dilaksanakan,” ungkap Tirat.

Dilanjutkan Tirat bahwa SKK Migas telah melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilty) melalui pemberdayaan masyarakat guna merubah perilaku masyarakat untuk lebih baik lagi, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat secara bertahap.

Kegiatan yang dilaksanakan, lanjut Tirat, seperti kerjasama dalam pembuatan pupuk organik, peternakan kambing, dan pelayanan kesehatan, dan pada Tahun 2016 Petrochina International Jabung Ltd mendapatkan CSR Award 2016 Achievement yang langsung diserahkan oleh Buapti Tanjung Jabung Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here