Revitalisasi Pasar Induk Jadi Perioritas RPJMD Kota Batu 2018-2022

Dewanti Rumpoko Walikota Batu

KOTA BATU, Kamis (17/5/2018) suaraindonesia-news.com – Revitalisasi Pasar Induk kota Batu menjadi salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batu tahun 2018 – 2022 yang digagas Walikota Batu Dewanti Rumpoko Dan Wakil Walikota Batu Punjul santoso Dalam RPJMD Kota Batu tahun 2018 – 2022, Pembangunan pasar Induk dipandang Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso tidak hanya memberikan manfaat untuk pedagang namun juga kenyamanan para pedagang.

Kepala Bappeda Kota Batu, M Chori dalam pelaksanaan Musrenbang RPJMD dan Pokok-Pokok Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD mengatakan bahwa Revitalisasi Pasar Induk selain memberikan manfaat dan kenyamanan untuk bedagang juga untuk meningkatkan pelaku-pelaku ekonomi serta memudahkan akses transaksi jual beli yang nyaman.

“Lebih dari itu akan terbentuk kawasan one stop service, dimana wisatawan akan banyak menghabiskan dana miliknya di Pasar Batu, sehingga perputaran dana di Kota Batu akan sangat besar,” kata dia.

Selain menyelesaikan pasar, kata M Chori, Walikota akan merealisasikan rencana pembangunan kereta gantung, baik dengan menggandeng pihak ketiga, ada didanai oleh BUMD atau dengan menggandeng masyarakat.

Selain itu, Salah satu prioritas pembangunan hingga tahun 2022 adalah revitalisasi tanaman unggulan daerah yang dalam hal ini adalah buah apel. Dan Pemkot Batu juga akan membangun infrastruktur jalan tembus.

“Kalau memang tidak memungkinkan dibangun jalan tembus Pasuruan – Batu, bisa dibangunkan box culvert disepanjang Jl Soekarno, karena permasalahan kita adalah kemacetan,“ jelas M Chori.

Sementara itu Dewanti Rumpoko mengatakan, tema dan isu pembangunan berkelanjutan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kota Batu tahun 2018 – 2022 ditekankan pada visi RPJMD pada 5 tahun mendatang.

“Yakni memiliki fokus pada keberdayaan desa sehingga terwujud Kota Batu sebagai sentra agrowisata Internasional yang memiliki karakter, daya saing dan sejahtera,“ ujar walikota.

Menurutnya, dalam lima tahun kedepan Pemkot Batu akanmelakukanpembangunan berbasis sector unggulan daerah dan tetap mempertahankan ciri khas budaya, social, dan pesona alam kota Batu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here