Ratusan Warga Glugur Tolak Cakades Luar

oleh -162 views

Reporter : Liq

Sumenep, Rabu 3/11/2016) – suaraindonesia-news.com – Ratusan warga, Desa Glugur, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menolak calon kepala Desa (Cakades) dari luar (Desa Glugur, red), penolakan itu dilakukan dengan cara menutup akses jalan masuk ke Desa setempat. Rabu 3/11/2016).

Pantauan suaraindonesia news dilapangan, ratusan warga melakukan aksi penutupan akses jalan utamanya dengan menggunakan bambu, lalu jalan tersebut dilakukan penjagaan oleh warga setempat baik perempuan maupun pria.

Warga benar-benar siaga, setiap kali ada pengendara bukan warga setempat langsung di introgasi maksud dan tujuannya.

“Sampean dari mana dan mau kemanan, kalau tidak ada keperluan silahkan pergi, kalau mau ke wisata asta tinggi jangan lewat disni,”kata salah satu warga kepada awak media saat hendak melihat langsung kondisi di Desa setempat, Kamis (3/11/2016).

Selain itu, ratusan warga juga akan mendatangi kantor kecamatan, untuk memastikan tidak ada cakadrs dari luar desanya.

“Silahkan pak kalau mau kebarat langsung ke barat, kalau mau ketimur silahkan ini bukan tontonan,”teriak warga.

Sementara Mahkamah Konstitusi (MK) melalui Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, menyebutkan calon kepala desa (Cakades) tidak dibatasi domisili, artinya warga manapun bisa mencalonkan diri menjadi kepala desa meski bukan warga setempat.

Hingga berita ini di tulis, suasana warga setempat masih terlihat tegang dan sedikit memanas.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sumenep Ali Dafir, mengatakan jika pemilihan kepala desa tahun ini, tidak ada batasan domisili.

Untuk diketahui Desa Glukur, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, tahun ini akan melaksanakan pemilihan kepala Desa, pada pemilihan kepala desa serentak 2016 ini.

Tinggalkan Balasan