Puluhan Bentor Ditindak Tegas Saat Terjaring Operasi Ketertiban

Puluhan Becak Motor/Mesin Yang Terjaring Operasi Ketertiban, Ditindak Tegas Dengan Dipotong

Suara Indonesia-News.Com-Probolinggo – Sedikitnya 35 (tiga puluh lima) Bentor di Kota Probolinggo hari ini, Jumat (6/2/15) terjaring Operasi Ketertiban terhadap keberadaan Bentor yang digelar oleh Jajaran Sat Lantas Polres Probolinggo bersama Sat Pol PP dan Dishub Pemkot Probolinggo disepanjang jalan protokol didalam Kota Probolinggo.

Bentor yang terjaring tersebut ditindak tegas dan disita oleh Petugas diangkut ke Mapolres probolinggo Kota selanjutnya bentor tersebut dipotong.

Terkait dengan giat Razia ketertiban Bentor tersebut, Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Mellysa saat dikonfirmasi mengatakan, gelar razia penertiban bentor dilaksanakan sejak Kamis (5/2/14). Razia penertiban terhadap keberadaan bentor ini atas dasar Intruksi Walikota Probolinggo nomor:188.55/1/INST/425.012/2015 tentang Penertiban Becak Motor/Mesin di Wilayah Kota Probolinggo.

Mengingat sesuai dengan UU Nomor;22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan Junto Peraturan Pemerintah Nomor:55 tahun 2012 tentang kendaraan, Becak Motor, Becak Mesin bukan merupakan jenis kendaraan dan tidak masuk dalam klasifikasi kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor. Dengan tidak dimasukkannya becak motor dalam klasifikasi kendaraan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka keberadaan becak motor/mesin di wilayah Kota Probolinggo saat ini tidak memiliki izin sebagaimana izin yang diberikan kepada angkutan penumpang umum lainnya termasuk kepada becak biasa/kayuh, dimana hal ini akan membuat ketidak adilan bagi pengusaha yang bergerak dalam modal transportasi dan dapat menyebabkan keresahan didalam masyarakat.

Berdasar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta untuk memperhatikan kepentingan masyarakat, Walikota Probolinggo mengintruksikan kepada: kepala Dinas Perhubungan, Kepala Sat Pol PP untuk melakukan Koordinasi dan kerja sama dengan Kepolisian Resort Probolinggo Kota untuk melakukan: 1). Penertiban terhadap keberadaan becak motor/mesin yang beroperasi diwilayah Kota Probolinggo. 2). Menghentikan dan menyita becak motor/mesin yang melewati jalan/jalur yang dilarang untuk dilewati becak motor/mesin. 3). Mensosialisasikan UU nmr:22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan junto peraturan pemerintah nmr:55 tahun 2012 tentang kendaraan kepada; pembuat, pemilik atau pemakai becak motor/mesin serta masyarakat luas dengan melibatkan Forum Lalu Lintas Kota Probolinggo, papar Kasat Lantas menjelaskan.

Kasat Lantas AKP Mellysa juga mengatakan, gelar Operasi bentor pada Kamis (5/2/15) sediktnya ada 11 (sebelas) bentor dijaring dan disita dibawa ke Mapolres kemudian oleh petugas bentor dipotong biar tidak bisa dipergunakan lagi serta menimbulkan efek jera. Sedang Operasi Bentor hari ini jum’at (6/2/15) dilakukan Operasi berjalan di jalan/ jalur yang tidak boleh dilewati bentor, dalam opersi ini sedikitnya 35 (tiga puluh lima) bentor terjaring dan disita oleh petugas dibawa ke Mapolres selanjut bentor tersebut dipotong. Tindakan tegas ini dilakukan demi terciptanya efek jera, ujar Kasat AKP Mellysa menambahkan. (Singgih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here