Program Mudik Gratis Pelindo III Diganjar Penghargaan IPRAS 2015

Penyerahan Penghargaan IPRAS 2015

JAKARTA, Program “Yuk Pulang Kampung” dalam rangka Mudik Gratis Bareng BUMN 2015 yang diselenggarakan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III pada musim lebaran lalu menjadi Pemenang Program PR Inspiratif 2015 untuk Kategori BUMN/BUMD pada The 4th Indonesian Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2015.

Direktur SDM & Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menerima penghargaan tersebut pada malam penganugerahan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (27/10). Pada ajang tahunan yang digelar oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat tersebut, hadir juga Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta sejumlah tokoh pers dan praktisi public relations.

“Penghargaan ini sangat berarti, karena menjadi apresiasi positif dunia public relations pada kegiatan sosial perusahaan yang dipersembahkan untuk pelayanan masyarakat”, kata Toto Heli Yanto usai penganugerahan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa sebagai BUMN, Pelindo III mengemas kegiatan CSR yang diselenggarakannya agar tidak hanya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat, tetapi juga secara bisnis, meningkatkan branding perseroan.

Program ‘Yuk Pulang Kampung’ Pelindo III menjadi kegiatan mudik gratis pertama yang ada di Indonesia untuk para penumpang kapal laut. Para pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, diantar langsung ke kampung halaman dengan puluhan bus ke sepuluh rute selama seminggu penuh sebelum lebaran.

“Ini juga menjadi bagian strategi komunikasi perusahaan untuk me-rebranding image pelabuhan dari semula yang kesannya kumuh, menjadi tempat yang aman dan reliable sebagai tujuan transportasi, bahkan di musim mudik yang ramai sekalipun”, ungkap Toto Heli Yanto.

“Sejak pertama kali digelar pada 2010, IPRAS merupakan sebuah program yang khusus didedikasikan untuk memberikan penghargaan kepada para figur dan korporasi atau lembaga yang dipandang pada tahun berjalan memberi inspirasi, keteladanan, dan kinerjanya berpengaruh positif bagi publik. Juga penghargaan untuk Kompetisi Program PR korporasi maupun lembaga publik” kata Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan dalam keterangan resminya.

Belasan tokoh nasional, korporasi, dan lembaga publik telah menerima penghargaan IPRAS. Di antara mereka Gubernur DKI (waktu itu) Ir Joko Widodo (kini Presiden RI), Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ketika itu Drs H M Jusuf Kalla, Ketua KPU Husni Kamil Manik, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Astra Internasional, Kereta Api Indonesia, Telkom, Ignasius Jonan, Dwi Soetjipto (CEO Semen Indonesia ketika itu), Prita Kemal Gani (LSPR), Elizabeth Goenawan Ananto (MM Komunikasi Trisakti), Iskandar (CEO Biofarma), dll.

Untuk tahun 2015, selain Pelindo III, para pemenang lainnya yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Tokoh Publik Inspirasional 2015. Untuk kategori lembaga dalam deretan pemenang juga ada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BASARNAS. Serta sejumlah korporasi lain baik BUMN maupun swasta nasional.

Pada malam penganugerahan tersebut, semakin semarak dengan diumumkannya para pemenang IMRAS (The 2nd Indonesia Media Research Awards & Summit) yang didedikasikan khusus kepada para akademisi dan peneliti Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia, guna berkarya, menulis, dan meneliti tentang Tren Pola Konsumsi Media di Indonesia. Tahun ini IMRAS menghasilkan 12 pemenang dari 70 peserta full paper yang mewakili 52 karya. Naik 21 persen dibanding tahun lalu.

Adapun INGPRAS (The 1st Indonesian Government Public Relations Awards & Summit), baru pertama kali diselenggarakan tahun ini, sebagai bentuk apresiasi SPS Pusat kepada para praktisi Humas dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berkinerja unggul di bidang ini. INGPRAS memperoleh endorser dari Komisi Informasi Pusat (KIP).(Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here