Program Desa Wisata Akan Meningkatkan Ekonomi Lumajang

Oleh : Satory

Sudah saatnya pemerataan ekonomi desa dilakukan dan desa tidak lagi menjadi penonton dalam pembangunan tetapi menjadi pelaku dalam kegiatan pembangunan.

Desa di Lumajang memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa di kelola dan dikembangkan bersama. Tinggal bagaimana membuat sebuah perencanaan yang strategis dalam menentukan sektor usaha apa yang akan di fokuskan untuk di kembangkan.

Salah satu potensi yang dapat di kembangkan adalah pariwisata, karena hampir setiap desa di Lumajang memilki potensi pariwisata yang bisa di kelola baik dari kebudayaan hingga wisata alam yang bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat desa.

Menurut Wiendu (1993), desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa wisata biasanya memiliki kecenderungan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat menjadi motor penggerak dalam mengembangkan desa wisata . Sehingga pemerintah desa dapat membantu dalam permodalan awal selain juga bisa bekerjasama dengan pihak swasta dalam mengembangkan desa wisata.

Usaha kecil dan Menengah (UKM) yang ada juga memegang peranan penting dalam pengembangan desa wisata sebagai industri pendukung sektor pariwisata yang di kembangkan seperti usaha kuliner, oleh-oleh khas daerah, transportasi, penginapan, serta jasa pemandu wisata dan semua sektor ini akan hidup jika jumlah kunjungan wisata bisa terus meningkat.

BUMDES dan pelaku jasa pariwisata harus melakukan kerjasama yang baik dalam mempromosikan kepada para wisatawan. Tentunya desa wisata yang sukses tidak hanya memilki objek wisata yang indah tetapi juga harus bisa membuat kegiatan – kegiatan dan atraksi yang menarik agar setiap wisatawan memiliki kesan dan pengalaman yang menarik selama liburan.

Pemerintah desa juga harus berperan aktif dalam memberikan pengetahuan serta pendampingan kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya wisata dan menjaga wisatawan selama berkunjung agar kesan aman serta ingin kembali lagi setelah berwisata dan bisa menceritakan pengalaman yang menarik selama berada di desa tersebut.

Salah satu hal yang sangat penting adalah menjaga lingkungan desa agar tetap selalu bersih dan indah sehingga suasana nyaman selama liburan bisa dirasakan oleh wisatawan selama berkunjung.

Desa juga harus menggali potensi budaya untuk dijadikan objek wisata yang bisa dinikmati , sehingga nuansa desa penuh dengan tradisi budaya yang tinggi bisa menjadi salah satu motivasi wisatawan untuk berkunjung.

Bayangkan ketika sektor pariwisata di Lumajang berkembang pesat secara otomatis akan mengurangi angka pengangguran.

Penulis adalah koordinator forum kajian pembangunan Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here