Presiden Kunjungi Pabrik Indocement

Bogor,Suaraindonesia-news.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Melakukan kunjungan ke PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk di Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/4).

Mengawali kunjungannya, Presiden SBY beserta rombongan mendengarkan pemaparan dari Direktur Operasional PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Christian Kartawijaya. Christian menerangkan bahwa volume penjualan Indocement sekitar 18 juta ton pertahun. 

Indocement memiliki 12 pabrik dan sembilan diantaranya berada di Citereup. Dua pabrik lainnya berada di Kompleks Pabrik Paliamanan, Cirebon dan satu pabrik lagi di Kompleks Pabrik Tarhun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, “Saat ini Indocement sedang dalam tahap akhir penambahan satu unit penggilingan semen di Kompleks Pabrik Citeureup, yang akan menambah kapasitas produksi 1,9 juta ton semen per tahun,”papar Christian di hadapan Presiden SBY. 

Indocement juga sedang membangun sebuah pabrik baru di Kompleks Pabrik Citereup dengan kapasitas 4,4 juta ton semen per tahun. Pabrik baru tersebut akan selesai pada tahun 2014 dan akan menjadikan Indocement sebagai pabrik semen terbesar di Indonesia, “Kapasitas produksi Indocement di 2015 akan menjadi sekitar 25 juta ton per tahun,” ucap Christian yang akan diangkat menjadi Direktur Utama PT Indocement menggantikan Dirut Daniel Lavalle pada awal Mei 2014 mendatang.

Usai mendengarkan paparan, Presiden SBY meninjau ruangan center control panel (CCP). Di ruangan ini, para karyawan memantau proses produksi semen yang dioperasikan secara digital. Saat meninjau ruang CCP, Presiden dipandu oleh GM Kompleks Pabrik Indocement Citereup, Setia Widjaya.

Selesai melakukan peninjauan, Presiden SBY menuliskan kesan dan pesannya mengenai pabrik Indocement. Presiden menuliskan pesannya di atas selembar styrofoam. “Teruslah menjadi yang terbaik. Bisnis berkembang, karyawan makin sejahtera,” tulis Presiden. 

Sebelum meninggalkan pabrik, Presiden SBY dan Ibu Ani makan siang bersama para karyawan PT Indocement. Di kantin pabrik, Presiden SBY dan Ibu Ani menyantap nasi kotak yang menunya sama seperti yang dimakan oleh karyawan. 

Dalam kunjungan kerja ke Kompleks Pabrik Indocement Citereup, Presiden SBY didampingi oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menperin MS Hidayat, Mendag M.Luthfi, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam. Turut mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara. 

Kunjungan dalam rangka menyongsong Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei mendatang itu SBY menyatakan,” keperluan semen secara nasional akan meningkat salah satunya karena pembangunan infrastruktur proyek MP3EI. (Beni/Muksin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here