Presiden Jokowi Akan Buka Tafisa Games 2016 di Ancol

oleh -216 views

Reporter: Cahya

Jakarta, Kamis 15/09/2016 (suaraindonesia-news-com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncakan akan membuka perhelatan pesta olahraga rekreasi dunia, TAFISA Games 2016 pada hari Sabtu 8 Oktober 2016 di Ancol Jakarta.

Gelaran ke-6 paduan kompetisi, festival dan eksebisi olahraga rekreasi dunia yang dihelat di kawasan Ancol dan sejumlah lokasi lainnya di sekitar ibu kota ini menjadi momentum kebangkitan olahraga rekreasi Indonesia dimana Indonesia dipandang oleh berbagai negera sebagai bangsa dengan kekayaan ragam kebudayaan dalam bentuk permainan dan olahraga tradisional yang begitu besar.

Lebih jauh, Menteri Imam mengatakan bahwa seluruh kontingen dari 74 negara akan disambut dengan penuh kehangatan dan keakraban bukan hanya oleh Panitia Pelaksana dan para atlet dan peserta nasional namun juga oleh seluruh masyarakat Indonesia. Lewat TAFISA Games 2016, Indonesia akan memperkenalkan permainan dan olahraga khas Indonesia yang berasal dari suku-suku bangsa di 34 provinsi kepada seluruh peserta mancanegara.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sylviana Murni menyampaikan, Jakarta sebagai kota penyelenggara TAFISA Games 2016 akan menyambut kehadiran seluruh delegasi dari lebih dari 70 negara untuk datang dan mengunjungi berbagai lokasi penyelenggaraan acara ini yang juga sebagai tujuan wisata unggulan DKI Jakarta.

“Seperti Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, JIExpo, Kepulauan Seribu dan berbagai lokasi lainnya,” jelasnya.

Lebih jauh Sylviana mengatakan bahwa Indonesia memang pantas menjadi tuan rumah TAFISA Games 2016 setelah berjuang dan memenangkan proses tender pemilihan tuan rumah yang melibatkan puluhan negara. Indonesia memiliki keunggulan dari berbagai aspek seperti kekayaan dan kekhasan seni dan budaya, pariwisata, ketahanan nasional, dll.

TAFISA Games 2016 memiliki begitu banyak agenda yang dapat disaksikan dan diikuti oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya, antara lain sejumlah kejuaraan dan kompetisi dalam kategori-kategori antara lain Action Sports, Extreme Sports, Adventure Sports dan E-Sports serta nomor khusus untuk penyandang disabilitas.

“Selain itu ada juga ajang eksibisi yang akan diisi oleh sejumlah negara,” imbuhnya.

TAFISA Games 2016 ini juga menghadirkan Special Event berupa percobaan Pemecahan Rekor Dunia Layang-Layang Daun Terbesar, Pelajar Bermain Egrang Terbanyak dan Menari Zumba 14000 orang. Selain itu juga dihelat kesempatan menyelam bersama ratusan penyelam nasional dam mancanegara di Kepulauan Seribu, kompetisi pencak silat dan seni bela diri lainnya dari berbagai negara seperti Capoeira, Chanbara, Muay Thai, dll.

TAFISA Games 2016 juga menggelar 3rdGoifex, sebuah ajang pameran kebugaran, olahraga dan kesehatan bertaraf internasional.

Tinggalkan Balasan