POPKAB Event 2 Tahunan, Untuk Pelajar SMP/SMA

Salah satu atlet saat mengikuti pembukaan POPKAB oleh Sekda Lumajang

LUMAJANG, Selasa (9/10/2018) suaraindonesia-news.com – Pekan Olah Raga Pelajar Kabupaten Lumajang (POPKAB) 2018, adalah event olah raga dua tahunan, yang jarang diketahui oleh wali murid.

Selain wali murid, ada juga wali atlet yang bertanya-tanya akan keberadaan POPKAB tersebut.

“Loh, anakku kenapa ngga bisa ikut POPKAB?” kata seorang wali atlet sepatu roda Kabupaten Lumajang, kepada awak media ini.

Untuk memberikan keterangan lebih lanjut kepada semua wali atlet dan wali murid, agar mengetahui jenjang di POPKAB ini, diulas oleh awak media ini sebagai informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Sebelumnya, pekan olahraga pelajar ini, sempat disampaikan oleh Sekda Kabupaten Lumjang, Drs. Gawat Sudarmanto pada pembukaan acara upacara Pekan Olahraga Pelajar SMP/SMA – MTS/SMK/MA Kabupaten Lumajang tahun 2018 di Alun – alun Lumajang, Senin (8/10) kemarin.

Menurut Gawat, ini adalah awal dari sebuah pembibitan atlet dua tahunan. POPKAB merupakan salah satu gambaran pembinaan olahraga melalui Atlet – atlet pelajar usia SMP/MTS-SMA/SMK/MA.

“Saya berharap, ini dapat melahirkan atlet – atlet berbakat di Kabupaten Lumajang untuk berprestasi di tingkat Jawa Timur, Nasional dan Internasional,” paparnya waktu itu.

Gawat juga menghimbau kepada seluruh Atlet pelajar se – Kabupaten Lumajang, agar selalu menjadikan motivator atlet – atlet yang telah mengharumkan nama bangsa, khususnya Kabupaten Lumajang, seperti Saiful Rizal, Fanani dan Kurniawan.

“Dimana dalam jenjang pembibitan dan pembinaan atlet di kalangan pelajar yang ada di Kabupaten Lumajang nantinya akan dibina dan dikembangkan secara berkelanjutan,” terangnya.

Baca Juga: Desa Harus Transparan dan Partisipatif Mengelola DD 

Mengenai hal itu, pada pelaksanaan POPKAB Tahun 2018 ini Sekda mengungkapkan tiga pilar kesuksesan, yaitu:

Pertama, sukses dalam penyelenggaraan, dalam hali ini Dispora dan Panitia yang terlibat dalam pelaksanaan POPKAB, agar selalu maksimal serta memberikan pelayanan yang terbaik serta adil dan obyektif demi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan tersebut.

Kedua, untuk selalu berjuang semaksimal mungkin untuk meraih prestasi yang tinggi.

Ketiga, sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat, kepada OPD maupun pihak terkait untuk menjadikan kegiatan ini sebagai moment pemberdayaan Ekonomi masyarakat pengusaha, maupun home industri bisa bermitra dengan penyelenggara untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Lumajang, Agus Budianto, S.S.TP., melaporkan bahwa POPKAB bertujuan untuk membina dan mencari bibit atlet yang berprestasi di Kabupaten Lumajang.

“Kegiatan ini dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sesuai dengan UU No. 3 tahun 2005 tentang sistem kelohragaan Nasional, khusunya olahraga prestasi,” kata Agus.

Sedangkan Cabang Olah Raga (Cabor) yang di pertandingkan ada sebanyak 13 Cabor, diantaranya, Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Karate, Panahan, Pencak silat, Pentaque, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis lapangan, Tenis meja dan Renang.

Event POPKAB kali ini, diikuti 1.474 atlet, yang berasal dari 21 kecamatan se Kabupaten Lumajang.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here