Polsek Rengel Ajak Calon Kades Deklarasi Damai

Reporter: Cahya

Tuban, Senin (07/11) suaraindonesia-news-com – Sebanyak tiga Calon Kepala Desa (Cakades) Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang ikut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tanggal 8 Desember 2016 nanti telah resmi ditetapkan yang berlangsung di Balai Desa Rengel, Senin (07/11/2016).

Setelah ditetapkan sebagai calon, tiga calon peserta Pilkades Desa Rengel tersebut langsung melakukan deklarasi damai.

Dalam Kegiatan Deklarasi itu dipelopori oleh jajaran Polsek Rengel, Koramil Rengel, dan Camat Rengel, Tuban.

Pelaksanaan penetapan nama-nama Calon Kades Rengel itu dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, yang berlangsung di Balai Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban. Kegiatan itu dihadiri sejumlah perangkat desa dan perwakilan warga serta para calon.

Dari rapat tersebut ditetapkan tiga nama yang telah memenuni syarat untuk menjadi Calon Kades peserta pemilihan dan kemudian diundi nomor urutnya. Calon dengan nomor urut 1 adalah Ahmad Rifa’i, nomor urut 2 adalah M Muhtar dan yang mendapatkan nomor urut 3 adalah Zeh Mahmuri.

Setelah ditetapkan dan dibacakan nomor urutnya, selanjutnya para calon itu ikut bersama-sama menandatangani kesepakatan damai dalam Pilkades nanti. Hal itu bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman saat pelaksaan Pilkades nantinya.

“Kita mengajak para calon Kades untuk sama-sama melakukan deklarasi damai. Jangan sampai nanti pelaksaan Pilkades terjadi sampai hal-hal yang tidak diinginkan dan supaya tetap aman serta lancar,” jelas Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bakhtiar, Kapolsek Rengel, Tuban.

Selain itu, Kapolsek Rengel menghimbau kepada para calon supaya tidak melakukan hal-hal provokasi dalam melakukan kampanye. Sehingga tidak sampai terjadi gesekan antar calon maupun pendukung dari masing-masing calon.

“Nanti masing-masing Cakades akan dampingi dari anggota yang tujuannya untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi dalam hal pengamanan calon. Kita berharap pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat bawah bisa berjalan aman dan tertib,” harap bapak tiga putra itu.

Kegiatan penetapan, pengundian nomor urut dan deklarasi damai tersebut berjalan lancar dengan kondisi yang mencair tanpa ada ketegangan sama sekali. Sebanyak 16 personil Polsek Rengel dan 6 anggota Koramil Rengel ikut melakukan pengamanan dalam kegiatan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here