Polisi Minta Dinsos Kota Batu Lokalisir Pengamen Jalanan

oleh -235 views

KOTA BATU, Minggu (17/12/2017) suaaraindonesia-news.com – Polisi meminta kepada Dinas Sosial kota Batu menertibkan melokalisir pengamen jalanan disuatu tempat tertentu agar keberadaanya tidak meresahkan dan mengganggu kenyamanan masyarakat umum terutama wisatawan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan liburan panjang menjelang natal dan tahun baru jumlah wisatawan yang datang di kota Batu diperkirakan akan meningkat dratis, untuk itu masyarakat dan wisatawan harus terjaga dengan baik, baik keamanan dan kenyamanannya.

“Yang menjadi masalah sekarang ini adalah keberadaan pengamen yang dinilai oleh masyarakat sangat menggagu kenyamanan dan keamanan, misalnya ketika pengamen masuk di dalam bus pariwisata yang sedang parkir, ini jelas membuat para penumpang menjadi tidak tenang dan nyaman,” kata Budi Hermanto.

Wujud penampilannya mereka yang terkesan membikin masyarakat resah itu, Buher panggilan akrab Budi Hermanto meminta agar permasalahan itu bisa teratasi, Dinas social (Dinsos) harus melokalisir, memberikan tempat disuatu tempat tertentu.

“Agar keberadaaanya tidak menganggu penumpang, pengguna jalan, masyarakat dan wisatawan sedang menikmati indahnya kota Batu,” jelasnya.

Dinsos, kata dia harus menyiapkan tempat tertentu, seperti di alun-alun diberikan suatu tempat yang tidak menganggu pengguna jalan. Dan mereka tidak lagi mengamen ke warung-warung dimana saat itu pembeli sedang menikmati makan dan minum.

“Rasanya Kami tidak mungkin melarang seratus persen tapi asal tidak menganggu orang lain, mencari rezeki boleh-boleh saja asal halal, tapi kita harus hormati agar wisatawan juga terjaga kenyamanannya,” tuturnya.

Ia juga menyinggung, soal keberadaan Gepeng, gelandangan dan pengemis yang berada di jalan–jalan protocol kota Batu yang dinilai membikin resah warga, Buher juga meminta kepada Dinsos dan pihak terkait segera melakukan penertiban.

“Dalam Operasi cipta kondisi dalam rangka perayaan natal dan tahun baru 2018. Polisi siap membackup-nya,” janjinya.

Saat dikonfirmasi terkait pemintaan polisi agar Dinsos melakukan peneritiban pengamen, gelandangan dan pengemis langsung direnpon positif oleh Dinsos. Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) kota Batu Sri Yunani berjanji akan segera melakukan rapat koordinasi dengan Polisi, Satpol PP kota Batu dan pihak-pihak terkait.

“Saya akan segera menindak lanjuti, menertibkan mereka, pengamen dan penampilan pocongan yang ada dialun-alun kota Batu itu, akan kita kumpulkan, tapi kita akan melakukan rapat koordinasi dulu dengan Polisi, Satpol PP kota Batu dan pihak-pihak terkait, mau diapakan mereka itu selanjutnya,“ kata Sri Yunani saat ditemui mengikuti lomba pilah sampah, Minggu (17/12/2017) pagi Dibalai Kota Among Tani Batu Kota Batu.

Tetapi kata dia, pertemuan itu akan dikoordinasikan dengan pimpinannya, ia juga menambahkan dalam waktu dekat ini akan melakukan pembinaan, misalnya pembinaan penampilan seni agar mereka bisa tampil lebih baik dan tidak menganggu masyarakat.

“Mereka akan ditempatkan disuatu tempat tertentu, ya itu usulan bagus,” pungkasnya.

Reporter: Adi Wiyono

Editor: Panji

Tinggalkan Balasan