Plt. Kepala Dinas Koperasi: Rapat Anggota Tahunan Penting Untuk Koperasi

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi, Alief Rahman Kartiono.

BANYUWANGI, Kamis (8/3/2018) suaraindonesia-news.com – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) dalam agenda tutup buku tahun 2017 di beberapa koperasi, sekaligus melaksanakan pelatihan kuliner di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi Jawa Timur, Rabu (7/3/2018).

Hadir langsung, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi, Alief Rahman Kartiono beserta jajarannya dalam agenda RAT sejumlah koperasi di Wongsorejo itu. Dikatakan, bahwa rapat anggota tahunan atau RAT ini memegang peranan penting pada kelembagaan koperasi. Selain itu, pihaknya menegaskan agar tidak keliru menerjemahkan pengertian RAT lalu dianggap sebagai kegiatan rutinitas saja.

Maka dari itu, ia meminta kepada forum untuk proporsional dan profesional. “Ini menyangkut kredibelitas sebuah koperasi. Karena tujuan koperasi ada, untuk kesejahteraan pada anggota koperasi itu sendiri,” jelasnya.

100 Usaha Mikro Sudah Terdaftar di Rumah Kreatif Banyuwangi diharapannya, pada RAT kali ini difokuskan untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggung jawaban pengurus, dalam melaksanakan kegiatan yang tertuang dalam Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun sebelumnya.

“Sehingga benar-benar diketahui apakah pengelolaan koperasi sudah dilakukan dengan kriteria yang benar dan terukur apa tidak. Sehingga hasil dari kajian dan evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahun 2018,” jelasnya.

Untuk diketahui, tujuan utama Koperasi Indonesia adalah mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

Koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota.
Manfaat yang diterima anggota lebih diutamakan daripada laba.

“Meskipun demikian harus diusahakan agar koperasi tidak menderita rugi. Tujuan ini dicapai dengan karya dan jasa yang disumbangkan pada masing-masing anggota. Selain itu tujuan utama lainnya adalah mewujudkan masyarakat adil makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945,” pungkasnya.

Reporter : Kang Harto
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here