PLM Asal Sapeken, Nyaris Tenggelam di Perairan Kepulauan Raas

oleh -231 views

Reporter: Liq

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Mesin macet dan diombang ambingkan oleh ombak, perahu Layar Motor Kasiya yang dinahkodai Habibi (36), warga Desa Pagerungan Kecil, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur nyaris tenggelam di perairan Ra’as, Sumenep.

Kapolres Sumenep, AKBP Rendra Radita Dewayana, S.I.K melalui Kasubag Humas, AKP Hasanuddin menjelaskan bahwa perahu tersebut berlayar mengikuti angin, namun sesuatu yang tidak terduga terjadi.

“Karena dalam posisi tidak menggunakan mesin, perahu tersebut berlayar mengikuti arah angin. Namun apes, perahu itu diterjang ombak besar dan nyaris teggelam,” jelas AKP Hasanudin, Selasa (19/7/2016).

Ia menambahkan, sebagian muatan berupa delapan (8) buah aki (accu) bekas dengan berbagai ukuran, 1 (satu) kwintal aluminium, kelapa, dan barang rongsokan seperti kardus, botol air meneral, dan plastik, tumpah ke laut.

Sementara perahu dengan dua orang anak buah kapal (ABK), masing-masing Agus (27), dan Mat (40), keduanya warga Desa Pagerungan Kecil, Sapeken, hendak berlayar ke Pelabuhan Gersik Putih, Kalianget, Sumenep, Senin (18/7/2016).

Selain membawa muatan berupa barang rongsokan dan muatan lainnya, PLM Kasiya juga membawa satu orang penumpang, bernama Jalal atau Pak Jon asal Banyuwangi, pemilik barang rongsokan.

Sedangkan Polsek Ra’as yang mendapat informasi dari Polsek Sapeken sekitar pukul 17.00 Wib, langsung melakukan koordinasi dan pencarian posisi perahu bersama masyarakat nelayan setempat.

Hasilnya, perahu dan 4 orang (nahkoda, 2 ABK dan 1 orang penumpang) ditemukan selamat di perairan Ra’as.

“Setelah perahu dan 4 orang penumpangnya ditemukan, petugas langsung mengevakuasi ke perairan Dusun Talango Tengah, Desa Brakas, pulau/Kecamatan Raas. Dan saat ini semua abk dan penumpang ada di rumah warga,” imbuhnya.

Sedangkan kerugian materi akibat laka laut itu, diperkirakan mencapai Rp 8 juta. Barang-barang yang terselamatkan, berupa 32 buah tabung gas elpiji ukuran 5 kilogram (kg), 1 buah tabung gas elpiji ukuran 75 kg, dan 3 buah galon.

Tinggalkan Balasan