PIWS Siap Kembangkan 14 Kelompok Tata Rias Pengantin

Para peserta tata rias saat uji kompetensi di STKIP PGRI Sumenep. Foto: Mahdi/SI

SUMENEP, Selasa (01 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Kelompok tatarias pengantin di Pusat Inkubator Wirausaha Sumenep (PIWS) siap membuka peluang usaha baru. Saat ini para peserta tata rias pengantin telah mengikuti pelatihan selama 22 hari.

Sebanyak 14 kelompok tersebut sedang mengikuti uji kompetensi dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan kemampuan yang dipusatkan di STKIP PGRI Sumenep.

“Dalam uji kompetensi ini para peserta akan terlihat kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki dalam mengaplikasikan ilmu yang sudah diterima selama pelatihan. Jika ada kekuranga maka para peserta akan diberikan pelatiahan tambahan, sehingga hasilnya benar benar sempurna,” Ujar direktur PIWS Khoirul Asiah, Senin (31/7).

Dia menambahkan dalam pelatihan tata rias di PIWS ini para peserta tidak hanya diajari menata rias akan tetapi para peserta juga diajari konsep bisnis dalam tata rias. Harus ada kemampuan dan keahlian sehingga para peserta pelatihan mampu bersaing dipasaran. Baca Juga: R. Idris, Resmi Jabat Plt Sekdakab Sumenep

“Sesuai misi PIWS para peserta harus jadi pengusaha atau pembisnis. Sehingga dengan keahlian seperti tata rias mereka mampu bersaing dan menguasai pasar,” Tuturnya.

Menurutnya, hasil karya saat ini tidak lepas dari seorang pelatih yang profesional. Sehingga banyak menularkan ilmu tata rias. PIWS sengaja mengundang pelatih yang memiliki kreatifitas tinggi.

Sementara Vera Bani penguji di uji kompetensi sekaligus pelatih tata rias menuturkan, mereka yang tergabung di 14 kelompak memilki keahlian tinggi maka tidak heran hasil karyanya sangat membanggakan.

Menurutnya, uji kompetensi ini tidak lain hanya ingin mengetahui kemampuan para peserta dalam menyerap ilmu tata rias yang sudah diterima selama ikut pelatiahan.

“Hasilnya sangat bagus, mereka sudah siap diundang,” Tuturnya optimis. Baca Juga: Geram, Puluhan Wali Siswa SDN Pangarangan 1 Luruk Kantor Disdik Sumenep

Menurut Vera Bani, ada beberapa tata rias yang sudah diajarkan seperti jogja putri, jogja paes ageng dan pengantin Hijab.

Dia mengaku para peserta saat ini sudah siap dilepas untuk mengembangkan usahanya. Namun Vera Bani mengaku akan tetap mendampingi sehingga para peserta benar benar bisa mengerjakan secara baik. (Mahdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here