Permahi dan Peradi Harmonisasikan Langkah Dalam Mengawal Kader Permahi menjadi Advokat Unggul

Reporter: Cahya

Surabaya, Sabtu (21/01/2017) suaraindonesia-news.com – Kerjasama mutualisme Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Surabaya telah dibuktikan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) pada Jumat (20/1).

Dengan mengangkat tema MOU yakni “Mensinergikan peran organisasi profesi advokat dengan organisasi mahasiswa hukum dalam memberikan bantuan hukum & menyikapi hukum faktual di wilayah kota besar Surabaya” diharapakan dapat tercipta kualitas advokat dari kader permahi yang siap terjun ke masyarakat dalam memberikan bantuan hukum serta unggul dalam menyikapi problematika hukum di Surabaya.

Acara penandatanganan MOU tersebut dihadiri oleh jajaran advokat senior yang terhimpun dalam Peradi Surabaya. Jajaran mahasiswa Hukum yang terhimpun dalam Permahi Surabaya pun juga turut serta menjadi saksi harmonisasi kedua organisasi ini. Dengan bertempat disalah satu Restaurant ternama di Surabaya, acara ini juga dihadiri oleh beberapa Alumni Permahi DPC Surabaya.

Penandatanganan MOU tersebut memberikan kemudahan bagi kader Permahi dalam menempuh proses magang pasca lulus dari universitasnya. Ketua Peradi DPC Surabaya, Abdul Salam, S.H, M.H., menjelaskan bahwa MOU ini bertujuan membuka pintu selebar-lebarnya bagi sarjana Hukum yang berminat menjadi advokat untuk mendapatkan kemudahan akses dalam melamar magang di seluruh cabang Peradi Surabaya.

“Tindak lanjut dari MOU ini adalah Bertujuan menjadi sarjana yang siap pakai,” ujar Abdul Salam, S.H, M.H.

Dengan adanya kerjasama, para sarjana hukum yang tertarik di dunia advokatur akan mampu memenuhi syarat dengan mudah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat yang mengharuskan magang selama 2 tahun di organisasi advokat dengan dibuktikan surat keterangan magang.

“Dengan adanya kerjasama ini, kader Permahi Surabaya yang memang ingin menjadi advokat, tidak perlu susah-susah untuk mencari tempat magang karena seluruh anggota DPC Peradi Kota Surabaya siap menampung mereka,“ jelas Abdul Salam.

Selain itu, Ketua Peradi DPC Surabaya juga menjelaskan akan memberikan prioritas bagi kader atau anggota DPC Permahi Surabaya yang ingin menjadi advokat.

Disisi lain, ketua umum Permahi DPC Surabaya, Yudo Adianto Salim S.H., menyambut kerjasama ini dengan sangat hangat dan penuh suka cita. Hal ini juga akan membantu Permahi yang berbasis organisasi linear keilmuwan, mampu menyerap ilmu di dunia linear keprofesian, salah satunya di dunia profesi advokat.

“Untuk mendapatkan ilmu advokat lebih mendalam lagi, Permahi Surabaya yang saat ini jumlahnya mencapai 500 orang ini haruslah belajar banyak ke Peradi. Khususnya, DPC Peradi Surabaya tentang ilmu advokat,” ujar Yudo Adianto Salim S.H.

Pemuda yang tengah melanjutkan studi S2 di Unair ini, menekankan bahwa dengan adanya MOU ini diharapkan tujuan jangka panjang dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma dengan pendampingan Peradi kepada masyarakat Surabaya dapat terealisasi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here