Peringati Harjad Provinsi Jatim Ke 72 Pemkab Pamekasan Ggelar Upacara

Peringati Harjad Provinsi Jatim Ke 72 Pemkab Pamekasan Ggelar Upacara

PAMEKASAN, Kamis (12/10/2017 ) suaraindonesia-news .com – Memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Jatim tahun 2017 yang jatuh pada hari ini, Kamis (12/10) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar upacara di depan halaman kantor Pemkab setempat. Kamis (12/10).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pamekasan Halil Asyhari yang menjadi inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur mengatakan pembangunan Jatim memang diarahkan pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dengan pilihan tumbuh cepat dan merata serta mampu menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan tingkat pengangguran terbuka, menurunkan kesenjangan dan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

“Arah pembangunan itu merupakan amanat konstitusi sebagaimana UUD 1945, yang menekankan tujuan negara yaitu kesejahteraan dan berkeadilan,” katanya.

Ada tiga segmen penting dalam pembangunan inklusif, yaitu pertama, produksi di segmen UMKM dan segmen besar dengan kebijakan fasilitasi bagi segmen besar berupa non fiscal insentive, stimulasi bagi segmen UMKM khususnya dalam pengembangan kapasitas SDM UMKM baik melalui Inkubator, SMK Mini, SMK Fillial dengan PTN.

Kedua, pembiayaan murah dengan suku bunga 6 persen baik di kredit pertanian, kredit industri primer dan sekunder serta kredit hulu-hilir sektor pertanian dalam arti luas untuk peningkatan nilai tambah serta mampu membantu pemerintah untuk mengurangi subsidi.

Ketiga, Pasar yang kompetitif, ini dimaksudkan untuk memberikan ruang pasar bagi UMKM agar mampu menguasai pasar domestik Indonesia yang memiliki size 40 persen pasar ASEAN maupun pasar global di berbagai negara di dunia.

Adapun tema pada hari jadi Provinsi Jatim kali ini, “Peningkatan Sumber Daya Manusia lewat Pendidikan Kejuruan sebagai Solusi Menuju Jawa Timur Mandiri dan Berdaya Saing Global.”

“Ini merupakan sebuah tekad dan semangat Provinsi Jatim membangun ekonomi berbasis SDM agar mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan dengan fokus pada segmen UMKM,” ujar Wabup mengakhiri pembacaan sambutan tertulis Gubernur Jatim M. Soekarwo.

Pada kesempatan itu pula Wabup memberikan tali asih kepada 12 orang petugas clening service yang sudah mengabdikan diri dilingkungan sekretariat daerah Kabupaten Pamekasan, serta pemberian hadiah sinergitas kecamatan tahun 2017 yaitu Kecamatan Tlanakan, Kadur dan Pamekasan.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat melalui peningkatan Kiss, dan untuk camat yang belum mendapat penghargaan saya minta agar terus meningkatkan kinerjanya sehingga nantinya dapat menunjukkan prestasi terbaiknya,” pungkas Halil Asyhari (My/it)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here