Peringatan HKN Ke 53 di Aceh Timur Berlangsung Khidmat

Foto: Usman A Rachman Asisten II Setdakab Aceh Timur saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan pada peringatan hari Kesehatan Nasional Ke 53, Foto Bagian Humas Aceh Timur.

IDI, Selasa (14 November 2017) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Kesehatan melaksanakan peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) Ke 53 berlangsung khidmat. Peringatan HKN hanya diikuti oleh jajaran tenaga kesehatan saja yang berlangsung di lapangan Pusat Perkantoran Pemkab setempat, Selasa 14 November 2017.

Pada kesempatan tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, usai melasanakan upacara peringatan HKn Ke 53 tersebut juga diserahkan satu unit mobil Ambulance untuk Puskesmas Matang Pudeng, Kecamatan Pante Bidari.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H.M. Thaib membacakan sambutan menteri kesehatan RI yang dibacakan oleh Usman A Rachman Asisten II Setdakab.

Dalam sambutannya, HKN ke 53 tahun 2017 ini mengangkat tema Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai dengan Undang-undang nomor 36 tahun 2009. Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan keluarga,” ujar Usman A Rachman.

Selain itu, dalam sambutannya, Menkes juga mengatakan, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

Melalui Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” demikian sambutan Menteri Kesehatan Ri yang dibacakan Usman A Rachman.

Turut hadir pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53 di antaranya yakni, Usman A Rachman Asisten II setdakab Aceh Timur, H. Kamarullah Kadis Kesehatan Aceh Timur, Safrizal Asisten III, Marzuki Ajad Ketua DPRK Aceh Timur serta unsur Forkofimda dan para SKPK dilingkungan Pemkab Aceh Timur.(Rusdi Hanafiah/Jie).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here