Peringatan Hari TNI AL Berlangsung Di Beirut

Reporter: Cahya

Beirut, Rabu 14/09/2016 (suaraindonesia-news-com) – Sebelum melaksanakan On Task ke-4 di Laut Mediterania Prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung Satuan Tugas (Satgas) Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL yang Ke-71 dengan Inspektur upacara Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E. berlangsung di geladak Haly KRI Bung Tomo-357 di Beirut Sabtu (10/09/2016).

Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Komandan Satgas dikatakan bahwa tanggal 10 September telah ditetapkan sebagai hari jadi TNI Angkatan Laut, momen ini mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada bangsa dan negara.

Pendaratan pasukan-M yang dipimpin Kapten Markadi di selat Bali, pertempuran Laut Aru yang dikomandani oleh Komodor Yos Sudarso dan pertempuran Laut Cirebon yang dipimpin Letnan Samadikun adalah sebagian fakta sejarah pengabdian TNI AL pada awal kemerdekaan.

Keteladanan para pahlawan tersebut seyogyanya dimiliki dan menjadi motivasi bagi penerus bangsa.

“Trisila TNI Angkatan Laut, yakni Disiplin, Hierarki dan kehormatan militer adalah nilai luhur yang telah kita jadikan pedoman dalam berfikir, bertutur dan bertindak baik sebagai personel TNI AL maupun sebagai pribadi anggota masyarakat”, jelas Kasal.

Oleh karena itu, dengan dilandasi ketiga nilai tersebut, tugas tugas TNI AL dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap individu atau secara kolektif demi keberhasilan pelaksanaan tugas tugas yang dimandatkan negara guna memdorong pembangunan nasional.

Selain itu TNI AL akan terus berupaya melaksanakan pembinaan kemampuan kekuatan menuju TNI AL yang handal dan disegani serta berkelas dunia dengan meningkatkan kemampuan tempur alutsista agar memiliki daya tangkal dan kesiapan untuk dikerahkan ke wilayah yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi.

Begitupun dengan organisasi TNI AL, dimana akan dilaksanakan validasi organisasi dengan membentuk Spotmar dan Disopslatal, Kobangdikal menjadi Kodiklatal dan Dishidros menjadi Pushidros. Untuk jangka panjang akan dibentuk Komando Armada RI dengan tiga Armada bernomor serta akan dibentuk pula Pasmar-3. Kasal juga memberikan penghargaan yang tinggi, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan tugas TNI AL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here