Penuhi Prasyarat Pemkab, Akhirnya Mc. Donald’s Jember Resmi Beroperasi

Bupati Jember, dr. Faida saat memberikan sambutan, dalam kesempatan itu dr. Faida juga meminta para karyawan untuk mendampinginya di depan yang mayoritas adalah warga asli Jember. (Foto : Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Selasa (12/6/2018) suaraindonesia-news.com – Manajemen Mc. Donald’s Jember kini telah diperbolehkan beroperasi di Jember, pasalnya mereka telah memenuhi prasyarat dari Pemkab Jember atas pendirian perusahaan.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyampaikan prasyarat tersebut. “Pertama bahwa harus bisa diakses oleh kaum difabel,” kata Bupati Jember, usai meresmikan Grand Opening, Senin (11/6/2018).

Manajemen restoran dalam memenuhi prasyarat pertama tersebut menyediakan tempat parkir khusus penyandang disabilitas dan kursi khususnya.

Prasayarat kedua yaitu harus mengakomodasi pekerja lokal asli Jember. “Kedua, restoran ini harus menjadi solusi bagi lapangan pekerjaan jadi kita pastikan yang direkrut itu harus ber-KTP Jember dan harus punya kartu kuning pencari kerja artinya bahwa karyawan ini bukan dari daerah lain dan pula comot karyawan restoran atau usaha sejenis yang lainnya,” urai Bupati, dr. Faida.

Bupati menyampaikan dari hasil pengecekan langsungnya, ada 60 karyawan, 53 orang di antaranya adalah warga asli Jember ditunjukkan dengan KTP Jember, sedangkan selebihnya berasal dari luar Jember yang dipekerjakan di restoran cepat saji ini.

Baca Juga: Bupati Jember : Jenazah Amintyas, TKI Malaysia Asal Jember Sudah Bisa Pulang Nanti Malam 

“Syarat ketiga, restoran ini harus menggunakan produk lokal, kita sudah cek tadi di gudang bahwa berasnya dari produk lokal, air mineralnya pun produk lokal,” imbuhnya.

Bupati Jember pun juga menekankan bahwa masyarakat Jember yang sangat religious maka restoran-restoran yang beroperasi di Jember harus menunjukkan bahwa makanan yang dijualnya dijamin halal, agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

“Nanti secara berkala, kami juga akan terus cek, untuk memastikan semua sesuai komitmen,” tegasnya.

Sementara itu, Associate Director of Communication Mc. Donald’s Indonesia, Sutji Lantyka mengatakan bahwa pembukaan gerai barunya di Jember kali ini dinilai bahwa Jember mempunyai potensi ekonomi yang tinggi serta menambah keragaman tempat bersantap, selain itu dirinya optimis atas pembukaan gerai ini juga akan menumbuhkan ekonomi pembangunan daerah.

“Tidak hanya akan menambah pendapatan daerah dari pajak, kehadiran Mc. Donald’s di setiap kota berarti terbukanya lapangan kerja baru di kota tersebut, serta membuka potensi investor-investor baru di kota tersebut,” kata Sutji Lantika.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here