Pengaruh Pikiran Terhadap Kondisi Kesehatan

Umrotul Ainiyah

Oleh: Umrotul Ainiyah

Pikiran adalah suatu gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinkan seseorang untuk mempresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan. Berpikir melibatkan manipulasi otak terhadap informasi, seperti saat kita membentuk konsep, terlibat dalam pemecahan masalah, melakukan penalaran, dan membuat keputusan. Berpikir adalah fungsi kognitif tingkat tinggi dan analisis proses berpikir menjadi bagian dari psikologi kognitif.

Dalam tulisan ini akan dibahas tentang: pengaruh pikiran terhadap kondisi kesehatan. kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan terhadap pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan, atau perawatan. Hal ini berkaitan antara pengaruh pikiran terhadap kondisi kesehatan seseorang, sehingga pikiran berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan. Gambaran tersebut menjelaskan akan pengaruh pikiran terhadap kondisi kesehatan, diantaranya melalui pikiran yang negatif biasanya berakibat buruk terhadap kondisi kesehatan seseorang dan segala pikiran negatif maupun positif akan berdampak pada kondisi kesehatan.

Pikiran sangat berperan penting dalam pengaruh kondisi kesehatan. Sebagaimana dilihat dari definisi nya sendiri, jika pola berpikir atau penilaian kita tentang penyakit atau keadaan kehidupan yang sedang kita jalani adalah negatif maka besar kemungkinan pikiran tersebut berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan dan bahkan jika sampai tidak memiliki harapan akan adanya perbaikan pada pola berpikir, maka secara otomatis otak kita tidak akan pernah bisa mengoordinir produksi zat-zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan diri sehingga proses pemulihan menjadi terhambat. Psikisomatis menunjukkan bahwa pikiran yang negatif ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Kondisi emosi negatif seperti depresi, cemas, kecewa, atau perasaan bersalah yang menjadi penyebab terjadinya gangguan psikis.

Cara mengatasi pikiran negatif bisa dengan berolahraga. Berolahraga secara rutin penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. beberapa jenis olahraga juga dapat memberika efek relaksasi pada pikiran, seperti olahraga yoga. Membuat jadwal olahraga juga bisa menghindarkan kita dari pikiran negatif. Istirahat yang cukup juga dapat mengurangi stres karena ideal tidur orang dewasa adalah 7 jam jika kesulitan tidur dimalam hari maka tubuh akan merasa lelah dan akan mengganggu aktivitas kita.

Asupan yang sehat juga sangat berperan penting bagi tubuh karena sangat penting bagi tubuh dan mental kita. Sharing sangat penting karena dengan cara ini akan melegakab hati dan memberikan rasa tenang pada pikiran kita karena telah mengeluarkan beban pikiran yang tersimpan dan juga ada kemungkinan kita mendapatkan saran atas masalah yang kita hadapi dari pihak yang melakukan sharing. Ketika kondisi hati dan pikiran sudah lebih tenang, diharapkan pikiran negatif dan tingkat stress yang kita alamai secara perlahan akan berkurang hingga hilang.

Selain pengaruh pikiran negatif terhadap kondisi kesehatan disini akan dibahas juga pikiran positif terhadap kondisi kesehatan. Sebagaimana dilihat dari definisinya sendiri, jika pola berpikir atau penilaian kita tentang suatu keadaan kehidupan yang sedang kita jalani adalah positif maka kehidupan kita akan terasa sangat baik oleh karena itu berpikir positif mampu menghilangkan stress. Hal ni dikarenakan dengan berpikir positif orang akan berpikir dari sudut pandang yang lebih baik sehingga masalah yang dihadapi akan dengan mudah diselesaikan dan maslah tersebut tidak berlarut-larut hingga menyebabkan setres.

Orang yang cenderung berpikir positif cenderung lebih optimis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Mereka akan mencari tahu penyebab maslah atau kegagalan yang mereka alami dan bangkit dari masalah atau kegagalan dengan memperbaiki kualitas diri. Berbeda dengan orang yang pesimis.

Orang yang pesimis cenderung melihat suatu maslah atau kegagalan berada diluar jangkauan mereka sehingga mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelesaikannya. Mereka akan berlarut –larut dalam masalah dan kegagalannya sehingga mudah terkena stres. padahal seperti yang kita ketahui stress adalah penyebab berbagai penyakit mulai dari sakit kepala hingga kanker.

Pikiran memiliki efek yang kuat pada tubuh. Imunitas atau kekebalan tubuh kita sangat dipengaruhi oleh pikiran dan sikap kita. Dalam sebuah study disebutkan bahwa aktivitas otak di daerah yang berhubungan dengan emosi negatif menyebabkan respon kekebalan yang lemah terhadap flu.

Sementara penelitian dari Dr. Suzanne menemukan bahwa orang-orang yang selalu berpikir positif dan optimis memiliki respon imun yang lebih kuat disbanding dengan mereka yang memiliki pandangan atau cara berpikir negatif. Berpikir positif dapat meningkatkan kesehatan karena berpikir positif tidak hanya terletak pada kemampuan dalam menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh, berpikir positif juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Membuat kita menjadi orang yang tangguh, berpikir positif akan membuat kita menjadi tahan terhadap tekanan dan masalah yang menimpa kita. Ketahanan kita terhadap masalah yang menimpa kita membuat kita menjadi orang yang tangguh. Orang tangguh, akan mampu menghadapi krisis dan trauma dengan kekuatan dan tekat yang dimiliki.

Menjadi orang yang tangguh akan membuat kita memliki kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi masalah atau trauma sehingga tidak menyebabkan kita terombang-ambing dalam keadaan stres. Berpikir positif terbukti mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan kita. Untuk itu biasakanlah berpikir positif dalam kehidupan. Kita bisa membiasakan berpikir positif mulai dari hal yang terkecil dalam hidup kita. Namun jika merasa kesulitan untuk berpikir positif, kini ada sebuah terapi yang dapat membantu kita meningkatkan kemampuan dalam berpikir positif. Terapi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif adalah terapi “Gelombang Otak Possitive Thinking”.

Terapi Gelombang Otak Possitive Thinking adalah terapi yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir positif. Selain dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir positif, terapi ini juga dapat digunakan untuk membantu memecahkan maslah, membantu menyikapi masalah dari berbagai sisi, menghilangkan kebiasaan berpikir negatif, pesimis dan takut gagal.

Cara kerja Terapi Gelombang Otak Possitive Thinking adalah dengan memberika stimulus pada otak melalui gelombang otak sehingga kita akan mampu untuk selalu berpikir positif. Dengan demikian kita bisa mendapatkan segala manfaat dari berpikir positif baik pada kehidupan maupun kesehatan kita. Terapi Gelombang Otak Possitive Thinking berbentuk CD music terapi sehingga sangat mudah dan praktis untuk kita gunakan. Terapi Gelombang Otak Possitive Thinking bisa juga digunakan kapan saja dan dimana saja. Jadi, siapkah kita mengubah berpikir negatif dengan berpikir positif agar kondisi kesehatan kita tetap terjaga dengan baik ?????????

Nama: Umrotul Ainiyah

Alamat:   Madura

Jurusan: S1 Keperawatan

Fakultas Ilmu kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here