Pengamanan Mudik Lebaran, Polres Probolinggo Survei Lintasan KA

oleh -167 views

Probolinggo, Suara Indonesia.News.Com – Untuk meng-antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas dijalan perlintasan Rel Kereta Api (KA) saat mudik lebaran, Sat Lantas Polres Probolinggo bersama PT. KAI melakukan Survei jalan perlintasan KA yang berpalang pintu maupun yang tidak berpalang pintu yang ada diwilayah hukum Polres Probolinggo.

Kegiatan ini dilakukan Sat Lantas Polres Probolinggo karena disinyalir adanya jalan yang berada diperlintasan Rel KA banyak yang berlobang dan rusak, juga adanya alat sensor alarm peringatan di jalan perlintasan KA yang tidak berfungsi karena rusak.

Terkait dengan kegiatan tersebut, Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP. Hegy Renanta, Kamis (25/6/15) mengatakan bahwa kegiatan ini adalah melaksanakan perintah Pimpinan untuk melakukan survei/pengececekan jalan perlintasan KA dijalur selatan dan timur jauh untuk persiapan kelancaran dan pengamanan arus mudik lebaran, ujarnya.

AKP. Hegy Renanta juga mengatakan dalam persiapan kelancaran dan pengamanan arus mudik lebaran Polres Probolinggo juga akan menempatkan Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) di titik-titik jalur yang rawan macet dan rawan laka. Sedang mengenai jalan perlintasan rel KA yang rusak masih di inventatisir bersama dengan PT. KAI, dan akan berkerja sama dengan Pemkab untuk segera dilakukan perbaikan sehingga saat arus mudik lebaran jalan sudah bisa dilalui. Ucap AKP. Hegy menambahkan.

Sementara Andi selaku Kepala Stasiun Leces, mengatakan di wilayah sektor 9.3 Leces yang meliputi perlintasan rel KA mulai Jati Tengah Kota Probolinggo sampai Ranuyoso Lumajang terdapat 41 lintasan KA, ada 7 berpalang pintu dan 34 tidak berpalang pintu. Daerah rawan kecelakaan ada 3 titik perlintasan yaitu Jati Tengah, Jorongan dan Ckarak Leces, terangnya.

Andi mengatakan, mengenai jalan di perlintasan rel KA yang rusak masuk areal rel KA menjadi tanggung jawab PT. KAI. Sedang jalan rusak disekitar rel KA namun tidak masuk areal rel KA merupakan tanggung jawab Propinsi, ucap Andi menambahkan. (Singgih).

Tinggalkan Balasan