Penderita Kusta di Sumenep Mencapai 470 Orang, Dinkes Adakan Sosialisasi

Acara Sosialisasi Kusta

Reporter : Liq/Jr

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Penderita kusta di Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun ini dipastikan menurun, itu jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu. Tahun 2015 hingga saat ini penderita kusta mencapai 470, sementara 2014 mencapai 515 penderita.

Pernyataan tersebut disampaikan bupati Sumenep A. Busyro Karim dalam acara pencanangan kusta di Lapangan Karduluk, Kecamataan Pragaan, Selasa (5/4/2016).

“Dari ratusan penderita, ternyata di Kecamataan Pragaan cukup tinggi mencapai 48 penderita. Sehingga, perlu adanya perhatian,” kata Busyro.

Selain itu kata Busyro, ada Kecamatan Nonggunong sebabanyak 45 penderita. Dua Kecamatan ini memang lumayan banyak, ujarnya.

Untuk itu, kata Busyro, perlu dilakukan sosialisasi mengenai penyakit kusta kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman agar tidak ada stikma negatif kepada penderita, dan masyarakat hendaknya mendeteksi dini, dengan cara berobat ke pelayanan kesehayan.

“Jadi, masyarakat jangan malu untuk berobat, karena pemerintah sudah menyiapkan pengobatan gratis,” tegasnya.

Lanjut Busyro, Kusta daya tularnya rendah, bukan penyakit mematikan, namun kecacatan yang ditimbulkan oleh penyakit ini menjadi stikma negatif di kalangan masyarakat,” tukasnya.

Sementara kepala dinas kesehatan Sumenep dr. Fatoni menambahkan, penderita penyakit kusta di kabupaten Sumenep sekitar 470 penderita yang tersebar di 30 wilayah puskesmas, yang paling banyak di Kecamatn Nongunong, Gayam, Talago dan Saronggi, dan yang terendah di Arjasa, Pamolokan dan Kalianget.

Fantoni berharap, dari tahun 2009-2019 kita menginginkan supaya play spirit kusta itu harus di bawah angka 10 ribu penduduk akan tetapi di kabupaten sumenep ini play spirit kusta empat perseribu, karna itu pihaknya meminta kepada semua masarakat untuk mensosialisasikan penyakit kusta ini, tukasnya.

Pantauan suaraindonesia, tampak hadir dalam acara tersebut, Wabup Sumenep Achmad Fausi, Sekda Hadi Sutarto, Ketua Dewan Sumenep H.Herman Dali Kusuma,kamenkes RI  Dr. Tiyara, seluruh SKPD kabupaten Sumenep juga kader-kader kusta yang ada di Kecamatan Pragaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here