Pemkot Bogor Lakukan Uji Coba Re-routing

oleh -146 views
Konferensi Pers

Reporter: Iran G Hasibuan

BOGOR, Selasa (16/5/2017) suaraindonesia-news.com – Akhirnya Pemerintah Kota Bogor, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan uji coba pengalihan dan perpanjangan (rerouting) rute terhadap tiga trayek angkutan kota (angkot), diantaranya 02, 03 dan 21. Pengalihan dan perpanjangan rute tersebut mulai diberlakukan pada Selasa (16/5/2017).

Ketiga trayek itu, diantaranya angkot 02 akan diperpanjang jarak rutenya menjadi jurusan Ciawi-Baranangsiang-Bubulak, sedangkan 03 jurusan Bubulak-Terminal Baranangsiang dengan rute yang berbeda, dan satu penambahan trayek baru, yakni angkot 21 dengan trayek jurusan Ciawi-Terminal Baranangsiang.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bogor, Jimmy Hutapea mengatakan, ketiga trayek angkot tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua koridor operasional perintis angkutan massal (TPK), diantaranya TPK-2 dan TPK-3.

Kedua koridor tersebut memiliki jurusan yang sama, yakni Ciawi-Terminal Bubulak. Namun, keduanya memiliki rute yang berbeda, yaitu Via Baranangsiang dan Via Lawanggintung-Suryakancana.

“Jika 03 dan 21 nanti via Terminal Baranangsiang, sedangkan 02 dan 21 via Lawang Gintung dan Suryakancana,” tutur Jimmy kepada media, diruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Senin (15/5/2017).

Jimmy menjelaskan, pelaksanaan re-routing ini nantinya akan melibatkan petugas gabungan, diantaranya TNI dan Polri. Tujuannya, untuk membantu proses pengalihan rute yang tersebar dibeberapa titik yang sudah disiapkan.

“Besok kita akan mulai dan dibantu oleh petugas gabungan TNI-Polri, supaya proses re-routing berjalan lancar dan sesuai harapan. Mereka, akan bertugas di setiap titik yang sudah disediakan, diantaranya di Jalan Siliwangi (depan PDAM), Terminal Baranangsiang, Ciawi dan Terminal Bubulak,” jelasnya.

Karena melibatkan aparat gabungan, lanjut Jimmy, Dishub menyediakan dana untuk opesional kurang lebih 90 sampai 120 juta rupiah. Dana tersebut diberikan selama aparat gabungan itu membantu proses rerouting.

“Dishub akan mengeluarkan dana APBD sebesar 90 sampai 120 juta. Dana tersebut, digunakan untuk memberi upah petugas dan juga uang makan,” terangnya.

Berikut data dua koridor TPK, trayek baru Rerouting angkot di Kota Bogor.

TPK-2 : Ciawi-Bubulak, via Terminal Baranangsiang.

Berangkat : Ciawi-Jalan Tajur-Jalan Pajajaran-Jalan Otista-Jalan Ir H Juanda-Jalan Kapten Muslihat-Jalan Veteran-Jalan Gunung Batu-Jalan Sindang Barang-Jalan KH Abdullah Bin Nuh-Terminal Bubulak.

Pulang : Terminal Bubulak-Jalan Sindang Barang-Jalan Gunung Batu-Jalan Veteran-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Mall 1-Jalan Merdeka-Jalan Kapten Muslihat-Jalan Ir H Juanda-Jalan Jalak Harupat-Jalan Pajajaran-Transfer Poin Cidangiang-UTurn Jagorawi-Jalan Pajajaran-Jalan Raya Tajur-Ciawi.

TPK-3 : Ciawi-Bubulak, via Lawang Gintung dan Suryakancana.

Berangkat : Ciawi-Jalan Tajur-Jalan Pajajaran-Jalan Siliwangi-Jalan Lawang Guntung-Jalan Batutulis-Jalan Pahlawan-Jalan Syarief Bustaman (Empang)-Jalan Ir H Juanda-Jalan Kapten Muslihat-Jalan Veteran-Jalan Gunung Batu-Jalan Sindang Barang-Jalan KH Abdullah Bin Nuh-Terminal Bubulak.

Pulang : Terminal Bubulak-Jalan Sindang Barang-Jalan Gunung Batu-Jalan Veteran-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Mall 1-Jalan Merdeka-Jalan Kapten Muslihat-Jalan Ir H Juanda-Jalan Jalak Harupat-Jalan Pajajaran-Jalan Otista-Jalan Suryakancana-Jalan Siliwangi-Jalan Tajur-Terminal Ciawi.

Tinggalkan Balasan