Pemkot Batu Usulkan 25 Koperasi Untuk Dimatikan

Endang Triningsih (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan kota Batu

KOTA BATU, Senin (9/7/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 25 koperasi di kota Batu, kini oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu diusulkan kepada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk segera dimatikan lantaran keberadaaanya dan pengurusnya tidak jelas.

Endang Triningsih, (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan kota Batu mengatakan tahun 2018 ini Pemkot Batu mengusulkan kepada Kemenkum HAM untuk segera dimatikan 25 koperasi yang ada di kota Batu lantaran selama ini keberadaaanya dan pengurusnya tidak jelas juga tidak melakukan kegiatan.

“Kita mengusulkan koperasi yang layak mati itu jumlahnya sekitar 25. Karena keberadaaanya sekarang ini tidak jelas, tidak ada pengurusnya, tidak ada kantornya dan juga tidak ada kegiatannya,” Kata Endang.

Mantan kepala Dinas Kesehatan kota Batu itu berharap usulan Pemkot Batu segera realisasi, karena mematikan koperasi itu tidak mudah, harus mellui mekanesme yang berlaku, sebab kalau misalnya menyisakan hutang harus diselesaikan dulu.

“Makanya sekarang ini pemerintah memperketat ijin pendirian koperasi, tidak gampang-gampang mengeluarkan ijin berdirinya koperasi, pemerintah sekarang ini cukup selekti,” ujarnya.

Lanjutnya, Di kota Batu, koperasi bukan mengedepankan jumlah koperasi tetapi mengedepankan kualitas, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan produksi, itu lebih diutamakan sehingga diharapkan koperasi kedepanya benar-benar eksis.

Duapuluh lima koperasi yang diusulkan itu, kata dia, kebanyakan koperasi simpan pinjam. Untuk itulah Endang menekankan agar koperasi selanjutnya untuk dapatnya bergerak dibidang produksi tertentu, koperasi UMKM yang bergerak dibidang sejenis, seperti hasil pertanian, peternakan dan lain-lain.

“Kami ingin koperasi yang bergerak dalam bidang usaha kecil menengah itu terintegrasi dengan baik, usahnya bisa maju, karena azasnya koperasi adalah bergotong royong,” jelasnya.

Berikutnya Koperasi yang tidak sehat,akan dievluasi dan dimonitoring, berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batuterdapat 126 koperasi yang aktif dari 190 koperasi, 25 koperasi dimatikan karena sebelumnya terdapat 36 koperasi yang resmi dibubarkan pemerintah.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here