Pemkot Batu, Siapkan Perumahan PNS Satu Unit Rp115 Juta

Siswanto

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Pemkot Batu  tahun  depan  akan  merealisasikan  fasilitas perumahan bagi para  Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Batu, Sementara untuk tahun ini pemkot Batu akan fokus pada penyediaan lahan, membuat perencanaaan anggaran  dan mendata, memverifikasi  siapa-siapa  yang layak  mendapat perumahan  dengan tipe kecil dan harga murah tersebut.

Siswanto,  Kepala Dinas Perumahan, Kota Batu, Saat ditemui, Jumat (21/8)  mengatakan, perumahan dengan tipe kecil dan harga murah itu hanya  diperioritaskan  bagi PNS yang tidak memiliki rumah, terutama  bagi golongan satu dan dua.

“Rumah yang dibangun itu berkisar Rp115 juta  dengan sistemKredit  pemilikan rumah (KPR)  dan bisa diangsur hingga  20 tahun, uang muka  cukup membayar satu persen dari harga rumah” urai Siswanto.

Menurutdia, untuk s tahun 2015,  PNS Pemkot Batu sudah mengajukan kepemilikan perumahan PNS sebanyak 1.570 orang. Datanya dikumpulkan lewat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing.

Berikutnya, kata dia,  pihak bank juga akan  memvalidasi data PNS yang ingin memiliki perumahan PNS. Validasi dari bank terkait kesanggupan dan kemampuan PNS dalam membayar KPR-nya.

Ditanya soal lokasi, Siswanto mengatakan  sampai saat ini lokasi belum bisa ditentukan. “Lokasi bisa juga di Kota Batu dan luar kota  Batu tapi tidak terlalu jauh,  tapi  yang menentukan lokasi itu pengembang. Dan berikutnya. Pemkot Batu akan membantu membangun fasilitas jalan, tempat ibadah  dan penerangan jalan umum” kata dia .

Ia juga menyebut,  untuk membayar uang muka perumahan. PNS bisa memanfaatkan bantuan tabungan perumahan  PNS yang disiapkan oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) PNS. (Adi Wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here