Pemkot Batu Luncurkan KTP Anak

Maulidiono Kepala Dinas Kependudkan dan Catatan Sipil Kota Batu

KOTA BATU, Suara Indonesia-News.Com – Pemerintah (Pe mkot) Batu  awal tahun 2016 akan meluncurkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)  Anak yang diberi nama Kartu Anak Indonesia (KAI).

Program dari   Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ini, kota Batu telah menunjukkan jati dirinya, kota yang telah berusia 14 tahun ini menyatakan siap   merealisasi program tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil  (Dispenduk capil) Maulidiono saat ditemui, Senin (12/10) mengatakan bahwa pihaknya  siap menjadi percontohan  penerapan KAI. Dia beralasan karena perangkat ITI  dan sumber daya manusia  yang dimiliki selama ini telah mendukung  pelaksanaan program  KAI

“Sebenarnya  sebelum ada  KAI yang diluncurkan Pemerintah pusat,  pemkot Batu sudah menggagas duluan program tersebut agar indentitas anak di kota Batu  terakses, terdata dengan jelas” ungkap Maulidiono.

Namun program itu muncul, akhirnya Pemkot Batu  kata dia tinggal menjalankan program.

Ia Optimis program tersebut akan berjalan sesuai harapan  karena anak-anak di kota Batu sekarang ini hampir seluruhnya masuk dalam kartu Keluarga (KK) sudah masuk datanya di Dispenduk capil

Menurutnya, KAI itu akan diberikan kepada anak mulai dari usia 0-17 tahun. Harapannya, Selain dapat digunakan sebagai kartu identitas, kartu ini dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

“karena Anak telah  memiliki indentitas jelas,  artinya anak lahir  itu  nantinya sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) melalui kartu  KAIitu” ucapnya

Ia juga menyebut, program pemerintah pusat itu, nantinya Anak-anak yang memiliki kartu ini akan mendapatkan diskon jika membeli buku, kemudahan berobat ke rumah sakit, maupun mendaftar ke sekolah yang baru tanpa harus menunjukkan KK (Kartu Keluarga) dan mengajak orangtuanya,

Ia juga menambahkan,  Program  merujuk pada Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang perubahan UU adminisrtrasi kependudukan data yang digunakan untuk pembangunan demokrasisasi dan pemberdayaan masyarakat. NIK sebagai kunci pembangunan perencanaan dengan bersumber Kemendagri.

Pembuatan KAI, untuk saat ini akan dibiayai oleh  dana pemkot Batu yang bersumber dari  biaya APBD kota Batu tahun 2016

“Anak-anak sekolah di kota Batu, bayi atau balita tahun depan sudah memiliki KTP anak, dengan nama KAI, salah satu dari isi KTP tersebut akan dicantumkan  hobi dan prestasi melalui data base yang telah disiapkan  Di dispenduk Capil” jelasnya.  (adi Wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here