Pemkab Nias Pastikan Tanggal 16 November Garuda Terbang dari Jakarta – Nias

Ilustrasi

NIAS, Kamis (8/11/2018) suaraindonesia-news.com — Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Pemerintah Kabupaten Nias melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dahlanroso Lase memastikan maskapai Garuda terbang ke Pulau Nias tanggal, 16 November 2018.

Kepada awak media ini, Dahlanroso menjelaskan langkah panjang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Nias untuk membuat maskapai penerbangan terbang ke Nias dengan rute Jakarta – Nias.

Pada tahun 2014 yang lalu Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dengan Menteri Perhubungan telah menandatangani MoU dengan No. HK. 201/2/11/DRJU.KUM-2014 dan 553/16/2014 tanggal 10 Oktober 2014 dengan substansi bahwa Pemerintah Kabupaten Nias menyerahkan lahan berikut dokumen kepemilikan lahan Bandara Binaka kepada Kementerian Perhubungan, dan Menteri Perhubungan berkomitmen membangun fasilitas Bandara Binaka. Kesepakatan dalam MoU tersebut telah terealisasi yang dibuktikan dengan pembangunan perpanjangan runway dari 1.600 M menjadi 2.250 M, dan juga pembangunan fasilitas terminal bandara.

“Mengingat fasilitas Bandara Binaka telah cukup memadai, maka pada 2017 yang lalu Bupati Nias mengajukan permohonan kepada Menteri Perhubungan, Dirut PT. Garuda Indonesia, dan direksi beberapa maskapai penerbangan domestik lainnya untuk dapat membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Nias, yang kemudian melahirkan Nota Kesepakatan Bersama antara PT. Garuda Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Nias No. IG/Perj/MoU/DN-3570/2018 dan 553/13/2018 tanggal 10 Oktober 2018,” ucap Kadis.

Lebih lanjut Dahlanroso mengatakan selain Bupati Nias beberapa tokoh kelahiran Nias juga punya peran penting sehingga Maskapai Garuda membuka rutenya Jakarta – Nias.

“Dari upaya yang telah dirintis oleh Bupati Nias yang telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan PT. Garuda Indonesia, dan pada 07 November 2018 berkat dukungan Menteri Hukum dan HAM dan juga atas fasilitasi Bpk Drs. Kosmos Harefa (AsDep Kemenko Maritim) telah terlaksana pertemuan pemantapan eksekusi penerbangan langsung rute Jakarta-Nias,” ucapnya.

Berikut beberapa keputusan yang disepakati antara Pihak Pemerintah Nias bersama Pihak Maskapai Garuda Indonesia :
1. PT. Garuda akan mengoperasikan penerbangan perdana langsung Jakarta-Nias pada 16 November 2018, dengan 3 (tiga) kali penerbangan dalam seminggu, Jumat-Minggu-Rabu.
2. Penerbangan Garuda dari Jakarta langsung ke Nias, sementara untuk kembali ke Jakarta via Padang.
3. Biaya parking, handling, dan penyediaan lahan untuk pembangunan tangki avtur merupakan tanggungjawab Pemda d se-kepulau Nias.
4. PT. Pertamina akan membangun tangki avtur di Bandara Binaka, setelah 4 (empat) bulan beroperasi penerbangan rute Jakarta-Nias.
5. Kesepakatan tersebut di atas akan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama yang akan ditandatangani bersama pada 14 November 2018 di Jakarta.

Reporter : Topan
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here