Pemkab Lumajang Fasilitasi Kreativitas Dan Kualitas Guru

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Dr. Sukamto, M.Si., saat memberikan sambutan dihadapan ribuan guru

LUMAJANG, Selasa (11/9/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus memfasilitasi upaya peningkatan kualitas dan kreativitas guru dalam berkarier.

Terutama dalam membangun ilmu pengetahuan, melalui karya tulis ilmiah. Apalagi, karya tulis sudah menjadi salah satu kegiatan guru yang mendapatkan kredit poin yang dapat menunjang penilaian kerja guru.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Dr. Sukamto, M.Si., saat membuka Workshop Karya Tulis Artikel Populer Nasional 2018, yang diselenggarakan oleh KOMunitas Pers Independen (KOMPI) di Gedung Soedjono Kabupaten Lumajang, pagi hingga sore tadi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Dr. Sukamto, M.Si., menyampaikan bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun bentuk lainnya, dalam menggunakan media cetak, elektronik dan segala jenis saluran yang berbeda.

Dijelaskan, bahwa peran pers sangat besar dalam realitas kehidupan, sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

Jurnalistik banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa, kemampuan jurnalistik tidak hanya dibutuhkan oleh rekan-rekan pers saja, tetapi juga bagi akademisi dan masyarakat luas agar tumbuh literasi yang sehat di media massa.

“Pemerintah akan sangat memperhatikan aktifitas dan kreatifitas para guru dalam membangun ilmu pengetahuan, bahkan karya tulis ilmiah sudah menjadi salah satu kegiatan guru yang akan mendapatkan kredit poin untuk menunjang penilaian kerja guru,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pers Independen (KOMPI) Kabupaten Lumajang, Syamsudin, menjelaskan, bahwa saat ini KOMPI mempunyai program “Journalist go to School dan Journalist go to Campus”.

“KOMPI ini sudah bekerja sama dengan Pemkab Lumajang, dan ke depannya diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang ada di Lumajang,” katanya.

Syamsudin berharap, di samping para guru mendapatkan sertifikat untuk menunjang profesi kawan-kawan guru, KOMPI juga berkeinginan bagaimana peserta ini dapat menulis di buku ataupun media massa seperti para narasumber.

Sedangkan dari Ketua panitia, Moh. Misdi, SH. MH., melaporkan, bahwa tema workshop nasional tersebut: “Workshop Karya Tulis Artikel Populer Tingkat Nasional 2018, Yang ditayangkan di Media Massa”.

Berkaitan dengan tema yang diangkat, KOMPI menghadirkan 3 narasumber, yaitu Imam Wahyudi (Dewan Pers) sebagai pemateri tentang rambu-rambu saat berekspresi di media massa bidang pendidikan, Oryza Wirawan (Wartawan Berira Jatim Jember) pemateri tentang berpikir dan kreatif, dan Sirikit Syah (Akademisi STIKOSA) pemateri tentang menulis artikel populer.

Workshop tersebut diikuti para guru, baik guru PAUD, TK, SD maupun SMP se-Kabupaten Lumajang, yang berjumlah 1.500 orang peserta.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here