Pemkab Abdya, Himbau Warga Meugang Serentak Senin 14 Mai 2018

Surat edaran tertanda Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, dikeluarkan kepada para Camat se Kabupaten Abdya untuk menghimbau Warga meugang serentak digelar senin 14 Mai 2018.

ACEH ABDYA, Minggu (13/05/2018) suaraindonesia-news.com – PemkabAbdya menetapkan pelasanaan hari menyembelih hewan ternak secara besar-besaran dengan serentak “meugang” menjelang  sambut bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M. tahun ini dilaksanakan besok pada hari senin 14 Mai 2018.

Surat edaran tertanda Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, dikeluarkan kepada para Camat se Kabupaten Abdya untuk menghimbau kepada masyarakat diwilayah kerjanya agar jadwal pelaksanaan hari meugang jelang sambut bulan suci Ramadhan serentak dilaksanakan senin 14 Mei 2018.

Pj Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Abdya Mawardi SH menyebutkan Bahwa Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH telah mengeluarkan surat dengan Nomor: 450/463/2018 perihal Surat edaran yang ditujukan kepada para Camat se Abdya untuk menginformasikan masyarakat diwilayahnya jadwal penetapan meugang serentak.

Untuk Jadwal ketetapan 1 Ramadhan, Mawardi mengatakan bahwa keputusan itu perpedoman kepada pemerintah dalam hal ini keputusan Kementrian Agama Republik Indonesia.

“Himbauan dari Pemkab Abdya diharapkan untuk dapat diinformasikan kepada lapisan masyarakat agar pelaksanaan meugang nantiknya serentak dilakukan khusunya di kabupaten Abdya,” kata Mawardi.

Untuk diketahui, hari meugang itu merupakan tradisi  unit masyarakat Aceh umumnya, saat menyambut hari-hari besar islam yakni dua hari sebelum menyambut Ramadhan, menyambut Lebaran Puasa, dan lebaran Haji, dimana prosesi meugang tersebut diwarnai dengan memotong hewan ternak baik itu kerbau, sapi, dan lainnya secara besar-besaran dipasar daerah di wilayah Aceh.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here