Pemkab Abdya Bekerjasama Dengan KPP Pratama Tapaktuan Adakan Pekan Panutan

Sekda Abdya Drs Ramli Bahar dibantu petugas dari KPP Pratama Tapaktuan mengisi kop pajak perorangan pada kegiatan Pekan Panutn Penyampin SPT Online di Aula Masjid Pemkab setempat.

Reporter : Nazli Md

Blangpidie-Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bekerjasama dengan KPP Pratama Tapaktuan melaksankan acara Pekan Panutan Penyampaian  Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan  melalui e-filing di lingkungan PNS/TNI/POLRI selenggarakan di Aula Masjid komplek perkantoran jalan Bukit Hijau Blangpidie. Selasa (29/3).

Kepala KPP Pratama Tapaktuan Jailani SE MM dalam laporannya menyebutkan, pihaknya sangat berterimakasih atas kerjasama Pemkab Abdya yang selama ini telah membantu dalam laporan dan pemotongan pemungutan pajak.

“Penerimaan pajak di KPP Pratama Tapaktuan khususnya dari kabupaten Abdya mengalami pertumbuhan yang lebih baik dari tahun sebelumnya,”aku Jailani.

Pada kesempatan itu, Jailni mengakui, SPT tahunan PPH orang pribadi secara e-filing merupakan langkah yang lebih efisien, cepat dan aman tanpa harus terkendala dengan jarak yang jauh dan antrian panjang yang menyita banyak waktu dan biaya.

“Maka kita dapat menyempaikan SPT Tahunan PPH orang pribadi  kapan pun dimana pun. e-filing adalah cara cepat, mudah dn hemat, dengan filling penggunaan kertas dapat dikurangi sehingga lebih ramah lingkungan,”sebut Jailani.

Lebih lanjut disebutkan, penyampaian SPT tahunan PPH orang pribadi secara e-filing dapat dilakukan melalui internet  pada website direktorat  Jendra Pajak.

”Alamat website pajak adalah http://www.pajak.go.id atau penyedia jasa Aplikasi atau Application Service provider (ASP),”sebut Jailani.

Sementara itu, arahan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin yang dibacakan Sekretris Daerh (Sekda) Abdya Drs Ramli Bahar menegaskan, peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan Negara dan daerah dalam APBN maupun APBK semakin membesr dari thun ketahun.

“Bahkan idealnya APBN atau APBD sepenuhnya dapat kita biayai dari penerima sektor perpajakan, karena seperti yang kita ketahui bersama, peranan perpajakan nasional terhadap APBN kurang lebih 80%,”tegas Sekda Ramli.

Diakui Sekda, saat ini pelayanan SPT Tahunan semakin dipermudah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi terkini dengan menggunakan SPT e-filing.

”Wajib pajak dapat melaporkan SPT-nya dimana saja dan kapan saja secara online, sehingga tidak perlu lagi datang kekantor pelayanan pajak,”jelas Sekda Ramli.

Pada kesempatan itu, Sekda mengharapkan, dengan adanya kegiatan tersebut dapat melahirkan kesadaran yang bersumber pada pengetahuan tentng tata cara perpajakan nasional.

”Semoga dengan momen seperti ini kita dapat mencegah kesalahan pelaksanaan kewajiban perpajakan yang sekaligus menjadi sara dalam mengwasi pelaksanaan perpajakan,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here