Pemerintah Kabupaten Nias Selenggarakan Pelatihan Pengolahan Tenun

Sekda Kabupaten Nias saat menyampaikan arahan

NIAS, Kamis (8/10/2018) suaraindonesia-news.com — Perdana di Kabupaten Nias, kelima kelompok kerajinan dari empat Kecamatan mengikuti pelatihan pengolahan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang di fasilitas oleh Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias, Jumat (8/11).

Acara yang dilaksanakan di gedung PKK Kabupaten Nias itu menghadirkan pelatihan khusus tenun dari luar Nias.

Dalam sambutannya Meriwati Hutapea, sebagai pelatih tenun mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Nias.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias atas diselenggarakannya pelatihan tenun ini, saya mengharap agar kerja sama ini terus berkelanjutan,” ucapnya.

Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Ir. Yusuf Laoli dalam sambutannya mengajak para penenun agar serius memanfaatkan waktu belajar yang singkat ini.

“Kegiatan tenun ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Kabupaten Nias, tujuannya adalah untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha masyarakat. Untuk itu saya mengajak para peserta untuk memanfaatkan waktu yang 3 hari ini untuk belajar,” ajak kadis.

Ketua Dekranasda, Ny. Tikna Murni S. Laoli dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias, semoga kedepannya hal ini dapat berjalan berkesinambungan,” harapnya.

Usai sambutan Ny. Tikna Murni S. Laoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs. F. Yanus Larosa, M.AP memberikan motivasi kepada peserta pelatihan tenun dari empat Kecamatan.

“Kita harus memanfaatkan potensi yang ada di daerah masing-masing dan menghilangkan keragu-raguan dalam berwirausaha. Saya pastikan bila ada kelompok yang berhasil membuat tenunan maka nanti saya akan mengajak Bupati untuk menjadi pembeli pertama dan saya akan menjadi pembelian ke lima,” ucap sekda sambil senyum.

“Industri kerajinan daerah di Kabupaten Nias diharapkan dapat menghasilkan produk-produk unggulan kerajinan daerah yang berorientasi pada kebutuhan pasar serta memiliki daya saing. Untuk itu saya pastikan Pemerintah Kabupaten Nias mendukung penuh kegiatan ini,” tandasnya.

Hadir pada acara tersebut Sekda,
Ketua Dekranasda, para perwakilan camat, 15 orang peserta dari 5 kelompok dan pelatihan.

Reporter : Topan
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here