Pemberian Gelar Adat Kepada Keturunan Bangsawan Dihadiri Ribuan Orang

NIAS SELATAN, Senin (25 Juni 2018) suaraindonesia-news.com – Terukir sejarah seorang bangsawan dalam pemberian gelar adat yang dihadiri ribuan orang dari kalangan masyarakat. Dalam acara pemberian gelar adat tersebut puluhan ekor babi dan kambing di sembelih untuk keperluan sehari itu.

Pada rangkaian acara tersebut di hadiri seluruh Gana se Desa Hilisatarö (14 Bangsawan) dengan menyembelih 12 ekor babi Gana besar tepat di halaman desa Hilisataro Kecamatan Toma pukul 08.15 wib yang disaksikan oleh ribuan masyarakat.

Pada acara itu juga turut hadir Forkopimda Nias Selatan dan seluruh SKPD serta Bangsawan dari desa lain di ratusan Desa se Nias Selatan.

Kepada Bapak Monasduk Duha, SE., MM diberi gelar dengan sebutan TUHA SAMAERI SATARÖ sedangkan kepada ibu Luki Duha, diberi gelar dengan sebutan INA BALAKI SONOMASI sekaligus penyampaian hoho dihalaman Desa Hilisataro yang disambut baik dengan teriakan yang sangat merdu oleh para hadirin.

Beliau yang sering disebut MD asli Kelahiran Hilisatarö Kecamatan Toma tertanggal 26 Juni 1968 hari ini dinobatkan dengan sebutan gelar adat Tuha Samaeri Sataro.

Pada sesi acara tersebut beberapa kegiatan dari nenek moyang yang tidak pernah dilupakan hingga sekarang yakni Maena, Silat, dan kegiatan lainya digelar untuk dipertontonkan di halaman desa hilisataro.

Kepada Sului Zisiwa Wa’u yang juga sebagai mantan DPRD saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, “acara seperti ini tidak sembarangan orang melaksanakan karena, kalau bukan keturunan asli bangsawan maka acara seperti ini tidak bisa diadakan (Pemberian gelar adat).

Usai acara tersebut ditempat yang sama juga kepada beberapa awak media saat dikonfirmasi Tuha Samaeri Sataro sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh dukungan elemen masyarakat dimana acara ini bisa berjalan dengan penuh suka cita,” tuturnya.

Terkhusus kepada puluhan kami (Nafulu), kami juga tidak lupa mengucapkan terimakasih banyak atas kerja kerasnya mulai dari awal acara hingga selesai. Usai acara tersebut diakhiri dengan Do’a penutup dan salam-salaman.

Reporter : Edhyr Baz
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here