Pelaku Curas Di Jalan Anggrek Probolinggo Terungkap

Kasat Reskrim Probolinggo Kota AKP Damar Bastiar Amarapit, ST, Menunjukkan BB Hasil Tindakan Kejahatan Dari Tersang Curas

Suara Indonesia-News.Com, Probolinggo – Pelaku pencurian disertai dengan kekerasan (Curas) dirumah H. Rusdi (korban) di jalan Anggrek Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo pada 26-Nopember-2014 tahun lalu terungkap.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Damar Bastiar Amarapit ST, Jumat (20/3/15) kepada sejumlah wartawan mengatakan, para pelaku Curas dirumah H. Rusdi tersebut adalah Sutrisno, Alex Hariyanto,Guntoyo dan Fatah, ungkapnya.

Kasat Reskrim dalam penjelasannya mengatakan, kronologis kejadian curas, pada hari Rabu (26/11/2014) sekira jam 23.30 WIB di kolam pemancingan ikan jalan Anggrek tersangka Sutrisno, Alex Hariyanto,

Guntoyo dan Fatah merencanakan untuk mengambil barang-barang elektronik dirumah korban (H. Rusdi), dikarenakan korban berjualan barang elektronik, terang Kasat. 

Dalam keterangannya kasat Reskrim AKP Damar menjelaskan, setelah perencanaan selesai tersangka Guntoyo dan Fatah berangkat menuju rumah korban melalui pintu belakang, sementara tersangka Sutrisno dan Alex Hariyanto mengawasi situasi di kolam pemancingan ikan karena posisi rumah korban berada disamping barat kolam pemancingan ikan yang dijaga oleh tersangka Sutrisno, terangnya.

Namun, kata Kasat lebih lanjut, saat tersangka Guntoyo dan Fatah masuk, korban terbangun dan keluar dari kamar.  Waktu keluar dari kamar korban melihat ada tersangka dan berteriak “maling-maling”. Mendengar teriakan tersebut tersangka Fatah membacok Korban (H. Rusdi) dengan sebilah pisau, kemudian tersangka Fatah juga mengikat tangan istri dan anak korban.

Selanjutnya tersangka Guntoyo dan Fatah mengambil uang tunai sebesar Rp.2 juta,- dan 3 buah HP masing-masing merk Assus, Nokia, dan Samsung. Setelah mengambil barang dari rumah korban, tersangka Guntoyo dan Fatah menuju kolam pemancingan ikan meminjam sepeda motor Suzuki Shogun milik tersangka Sutrisno dibawa ketempat kost tersangka Guntoyo di Kelurahan Jati.

Kemudian tersangka Guntoyo menyuruh tersangka Alex Hariyanto untuk menjual ke 3 (tiga) buah HP hasil tindak kejahatan tersebut, yang kemudian ke tiga HP dibeli sendiri oleh tersangka Alex Hariyanto seharga Rp. 600 ribu,-

Selanjutnya uang hasil tindak kejahatan tersebut dibagi berempat tersangka (Guntoyo, Fatah, Sutrisno dan Alex Hariyanto), paparnya.

Kasat Reskrim AKP Damar mengatakan, Petugas berhasil menangkap tersangka Alex Hariyanto di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan pada Rabu (18/3/15) jam 13.00.

Sedang tersangka Sutrisno ditangkap di kolam pemancingan ikan pada jam 14.00 pada hari yang sama. Dari tersangka Alex Hariyanto Petugas berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa 3 (tiga) buah HP milik korban merk Assus, Nokia dan Samsung.

Karena perbuatannya para tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHP (pencurian dengan kekerasan), dengan ancaman hukuman penjara 12 Tahun, tandas Kasat Reskrim.

Ke empat tersangka tersebut, kata Kasat Reskrim, untuk tersangka Sutrisno, Alex Hariyanto dan Guntoyo ditangkap kasus perkara lain di Polres Pasuruan. Sedang Fatah ditangkap kasus tindak kejahatan lain di Polsek Mayangan Polres Probolinggo Kota, kata Kasat Reskrim AKP Damar menambahkan.(Singgih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here