Peduli Pendidikan, TRC PA Bersama BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Bagikan Seragam Sekolah Tingkat Anak SD

Penyerhan Bantuan

Reporter: Aro

GUNUNGSITOLI, Sabtu (17/6/2017) suaraindonesia-news.com – Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) Kota Gunungsitoli laksanakan pembagian bantuan sosial seragam SD bagi anak yatim/piatu di wilayah Kecamatan Gunungsitoli Utara, bertempat di SDN No. 0740481 Luaha Bouso, Jumat (16/06).

Acara di awali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan disertai oleh Doa yang dipimpin oleh Ina Rífael. Dalam pembukaan acara yang disertai pembacaan laporan kegiata, Sonifati Mendrofa selaku Kordinator TRC PA Kota Gunungsitoli mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk keprihatianan TRC PA terhadap anak-anak ekonomi lemah, khususnya Yatim Piatu.

Menurutnya, dari hasil survei timnya di lapangang ternyata ada sekitar 1.812 orang siswa/i yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) menggunakan pakaian seragam kurang layak.

“Akan tetapi, karena keterbatasan dana yang berhasil dihimpun oleh TRC PA Kota Gunungsitoli terbatas sehingga dengan jumlah sebanyak itu, tentunya tidak dapat terpenuhi. ” terang Sonifati.

Selanjutnya Pembina TRC PA Kota Gunungsitoli, Sukartini Wau yang juga sebagai Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli sekaligus Nyonya Walikota Ir. Lakhomizaro Zebua, mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini sehingga anak-anak kita, khususnya di Gunungsitoli Utara dapat bersekolah dengan memakai seragam yang layak, walau belum bisa menjawab secara keseluruhan, tapi setidaknya dapat terbantu tentunya.

Selaku Pembina, Sukartini berharap kiranya kegiatan ini akan terus dilanjutkan, sehingga dapat menyentuh anak-anak kurang mampu di seluruh wilayah Kota Gunungsitoli yang tentunya membutuhkan koordinasi yang baik dalam hal pelaksanaan disetiap kegiatan, dan dalam kapasitasnya selaku Pembina, Sukartini pasti akan mendukung sepenuhnya.

Sebagai Sponsor utama kegiatan, yang bekerjasama dengan TRC PA Kota Gunungsitoli, Kepala BPJS Kesehatan cabang Gunungsitoli Rudhy Suksmawan Hardhiko menyampaikan, bahwa bantuan yang dibagikan pada kesempatan ini, adalah bentuk kepedulian kepada anak-anak kurang mampu, khususnya di Kecamatan Gunungsitoli Utara agar, dalam menuntut ilmu di sekolah masing-masing dapat lebih bersemangat layaknya anak-anak lain.

“Seperti diketahui bahwa BPJS kesehatan Cabang Gunungsitoli selalu peduli akan hal sosial, seperti terhadap rumah ibadah dan permasalahan sosial lainnya. Karena menurutnya, kehadiran BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, tidak hanya hadir dalam hal mengurus kesehatan semata tapi, juga terhadap permasalahan lain yang pastinya sesuai kebutuhan,” ujar Rudhy.

Sementara itu, Kapolres Nias AKBP Erwin Horja Hasudungan Sinaga, SH, S.IK yang berkesempatan hadir, pada kesempatan tersebut melalui sambutannya menyampaikan, bahwa pihaknnya dalam hal memutus mata rantai kekerasan terhadap anak, akan terus berupaya dan siap bekerjasama dengan pihak manapun demi masa depan anak yang lebih baik.
Selanjutnya mewakili Walikota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Melinda Rostanti Larosa, ST dalam arahan dan bimbingannya mengatakan, bahwa kekerasan terhadap anak pada akhir-akhir ini merupakan isu krusial, dan atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli juga telah melakukan berbagai upaya dalam hal pendampingan sekaligus menjalin kerjasama ke berbagai pihak terkait lainnya, dengan tujuan agar kekerasan terhadap anak dapat diminimalisir.
Mengakhiri penyampaiannya Melinda Rostanti, berharap agar kegiatan serupa akan terus dilanjutkan dengan target sasaran terhadap anak-anak tidak mampu, diseluruh wilayah Kota Gunungsitoli secara keseluruhan.

Ditempat yang sama, Kordinator TRC PA Sumut, Tri Topan yang juga hadir pada acara tersebut mengapresiasikan kenerja para tim Korda yang dengan susah paya mencari donator untuk pembagian baju seragam sekolah SD saat ini, bahkan Topan juga menjelaskan bahwa saat ini di Pulau Nias Korda sudah terbentuk di 4 Kecamatan dan 1 Kota.

Acara tersebut di hadiri oleh unsur Korwil Sumut, Perwakilan dari pemerintahan Kota Gunungsitoli, Beberapa SKPD yang ada di Kota Gunungsitoli, Kepala beserta staf BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Kapolres Nias, Mewakili BNN, Mewakili Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, dan seratusan orang tua murit/wali beserta anak didik yang akan mnerima bantun sosial tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here