PCW Agendakan Diskusi Publik Libatkan Satgas Dana Desa

oleh -242 views
Foto: Diskusi Publik

PROBOLINGGO, Minggu (10 September 2017) suaraindonesia-news.com
Banyaknya sorotan terhadap penggunaan Dana desa serta laporan tentang penyelewenganya oleh pemerintah desa selaku pelaksana penggunaan anggaran dana desa, Probolinggo Coruption Watch (PCW) menyelenggarakan diskusi publik di RM. Paiton permai, (15/09/2017) mendatang.

Acara tersebut seyogyanya akan dihadiri irjend. Purn. Bibit Samad ruyanto (mantan ketua KPK) selaku ketua Satgas Dana desa namun karena berhalangan hadir, acara tetap di gelar dengan dihadiri Dinas PMD Bpk. Hery Sulistiono, Pendiri Procw Drs. Jumanto, Inspektorat, PA Kab : Zainul Umam dan Tipikor polres kabupaten probolinggo Iptu Jamhari.

Adapun poin poin penting hasil diskusi publik terkait dana desa antara lain, Jika ingin Pendamping tidak ingin di kait kaitkan terkait pelaksaan kegiatan fisik/pemberdayaan semisal ada temuan ada saran yang bagus dari Inspektorat, ingatkan kepala Desa, Setelah itu buat catatan di SP2D Form Kunjungan di kasih keterangan.

Sekaligus di Form penanganan Masalah, sehingga secara admistratif sudah melakukan pembinaan dan Sah secara hukum sudah tidak ikut terlibat di dalamnya.

Peran Inspektorat Ada Tambahan satu kewenangan yang ini menjadi akan terindikasinya banyak nya temuan.

Yaitu Uji Konfirmasi, Uji Konformasi disini Inspektorat akan turun kelapangan dan akan bertanya kepada Masyarakat penerima manfaat kegiatan dan BPD, LKD, KPMD, PTPKD Apakah betul di libatkan dalam Proses Perencanaan, Pelaksaan, maupun laporan kegiatan.

Inpektorat akan turun jadwalnya Perkiraan bulan Oktober. Turun kedesa desa didampingi Pendamping.

Dana Desa sangat Seksi, sehingga keterbukaan Informasi Publik harus jalan. Dana Di Pampang Perdusun seperti yang di lakukan ketua Apdesi Kab. Probolinggo, Karena Semua Hari ini memantau.

Untuk kepala Desa tidak mau terjerat Hukum, Selaku Kuasa Pengguna Anggaran DD + ADD maka harus ada Dana Taktis dari Pemerintah, Untuk biaya tidak terduga seperti ketika ada warga yang sakit, Minta Perlindungan Hukum, anak Putus Sekolah dan lain-lain. Baca Juga: Sumberbaru Siapkan Wisata Baru Dukung Program Bupati

Forum Diskusi Publik ini tidak ada maksud dan Tujuan lain, karena banyak laporan Masyarakat yang perlu kita tampung bersama dan dicarikan jalan keluarnya, karena Masyarakat juga menilai Kinerja Kepala Desa.

Sementara pada waktu lain salehuddin, koordinator ProCW mengatakan kegiatan ini sangat penting mengingat publik masih belum banyak tahu tentang penggunaan Dana desa serta peraturan peraturan yang mengiringinya, serta masih minimnya pengetahuan masyarakat karena seolah peran sertanya sengaja ditutup oleh pemerintah terkait dengan penggunaanya, baik pihak pemerintah desa, kecamatan maupun kabupaten.

Ini terbukti dengan sulitnya masyarakat mendapatkan informasi tentang anggaran dana serta peruntukanya untuk apa saja.

“Sudah bukan rahasia lagi mas, pemerintah desa bahkan kecamatan menutup akses informasi pada masyarakat terkait dana desa dan penggunaanya serta juga bisa kita lihat dengan adanya dana desa yang cukup besar ini gaya hidup serta ekonomi para kepala desa cukup meningkat drastis,” papar Saleh.

Hal ini perlu menjadi catatan dan perhatian penyelenggara pemerintahan maupun penegak hukum. (Samsul /Zen)

Tinggalkan Balasan