Pabrik Tahu di Jalan Bromo Kota Batu Ludes Terbakar

KOTA BATU, Kamis (13/9/2018) suaraindonesia-news.com – Pabrik tahu milik Riyadi di Jalan Bromo Gg. I RT 01 RW 10 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (12/9/2018) malam sekitar pukul 23.30 WIB ludes terbakar.

Beruntung lima anggota keluarga Riyadi yang menempati rumah sekaligus yang dijadikan pabrik tahu itu selamat dari maut. Mereka berhasil menyelamatkan diri.

Sasmito kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu mengatakan bahwa kebakaran Pabrik tahu diduga berasal dari sisa pembakaran yang masih belum padam hingga menyebabkan terjadinya kebakaran, sementara itu Pabrik tahu yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman padat penduduk tak memiliki Alat pemadam ringan (Apar).

“Kebakaran itu diduga berasal dari dari api sisa pembakaran yang masih belum padam hingga menyulut minyak penggorengan tahu. Hingga menyebabkan terjadinya kebakaran. Sementara alat pemadam ringan tak dimiliki oleh pemilik Pabrika,” kata Sasmito saat ditemui, Kamis (13/9/2018) siang.

Karena tidak memiliki alat pemadaman kebakaran ringan (Apar), hingga akhirnya api sulit untuk dipadamkan, meski demikian warga dan petugas dari PMK, BPBD yang datang ke lokasi berusaha memadamkan api. Hingga pagi hari petugas lakukan kaji cepat dan melakukan pemadaman atau pendinginan.

“Akibat kebakaran pabrik itu Riyadi mengalami kerugian satu unit bangunan pabrik tahu termasuk peralatan produksi tahu miliknya yang rusak parah dan satu unit rumah termasuk perabot rumah miliknya, kalau ditaksir kira-kira sekitar Rp 100 juta,” kata dia.

Selain itu Kata Sasmito, Kerugian sektor ekonomi produktif usaha pabrik tahu tidak dapat beroperasi sehingga karyawan pabrik tahu sejumlah tujuh orang untuk sementara waktu belum dapat bekerja.

Lima anggota keluarga yang dihuni Riyadi, Ida kusuma yang tak lain istrinya, dua anaknya serta orang tua Riyadi untuk sementara waktu tidak dapat menempati rumahnya lantaran kerusakan rumah yang begitu parah.

“Melihat kejadian seperti ini Pemkot Batu, langsung memberikan bantuan kebutuhan dasar pangan dan sandang kepada korban terdampak, dan kita melakukan Kerja bakti pembersihan lokasi kebakaran bersama warga,” jelasnya.

Selain itu Pemkot Batu juga melakukan Pemberian stimulan bantuan untuk perbaikan rumah dan sekaligus Pemberian stimulan bantuan pemulihan sektor ekonomi produktif usaha pabrik tahu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here