Museum Lokal Purwodadi Sepi Pengunjung

Suasana Museum Lokal Purwodadi tampak sepi pengunjung

Reporter: Miftakh 

Grobogan, suaraindonesia-news.com – Museum lokal Purwodadi yang terletak di Jl. Pemuda No. 35 (depan SDN 8 – 13 Purwodadi) kondisi bangunannya sangat memperihatinkan dikarenakan banyak atap museum yang bocor. dan pada waktu musim penghujan di dalam bangunan museum lokal tersebut sering banjir dan lantai sangat lembab, ini bisa mengakibatkan situs – situs budaya yang tersimpan di dalam museum terancam kerusakan.

Penjaga museum lokal Purwodadi Dwi BS, mengatakan museum lokal penuh dengan aset yang sangat berharga dari bermacam-macam situs didalamnya.

“Di museum lokal banyak tersimpan situs – situs cagar budaya berupa arca peninggalan agama Hindu seperti patung Ganesha yang ditemukan di Kepoh Tambirejo Toroh, koin dari cina, gerabah kuno dari cina, gamelan, dan pusaka berupa keris,” jelasnya, Senin (16/05/2016).

Namun menurutnya sangat disayangkan ketika musim yang menyimpan banyak aset dan situs tidak ada pengunjungnya.

“Museum pengunjungnya sangat sepi sekaramg, entah kenapa. apa masyarakat tidak berminat untuk mengunjungi museum lokal lagi, atau karena fasilitas didalam museum sangat kurang, seperti alat keterangan situs purbakala,” imbuhnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Grobogan harus memikirkan museum lokal yang dari segi bangunan sangat memperhatinkan, dan Pemkab juga harus banyak mempromosikan kepada masrakat Grobogan khususnya anak-anak sekolah mengenai (Cintailah Museum Kita) itu bisa diselenggarakan setiap bulan sekali ataupun satu semester, bahkan untuk setiap sekolah mengadakan kunjungan ke museum dan mengadakan diskusi tentang cagar budaya yang ada di Grobogan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here