MPD Abdya Gelar Musda III Tahun 2015

oleh -195 views
Sekda Abdya Drs. Ramli Bahar saat membuka acara Musda III MPD Abdya di Gedung PKK Komplek Terminal Bus Blangpide Abdya.(N)
Blangpidie_Aceh Barat Daya, Suara Indonesia-News.Com – MPD Abdya menggelar Musyawrah Daerah ke-III Tahun 2015 dengan tema “Dengan Musda ke III MPD Abdya Tahun 2015 dapat memberikan perubahan bagi semua pelaku pendidikan, sehingga menghasilkan pendidikan, yang bermutu dan bernuansa islami yang berlaangsung di di Gedung PKK kota Blangpidie (Komplek Terminal) Kabupaten setempat. Selasa (05/2015).  
Pantauan awak media, kegiatan Musda yang sejak awal direncanakan dibuka oleh Bupati Abdya Jufri Hasanuddin MM, berhubung kepala daerah sedang dinas diluar maka diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya Drs. Ramli Bahar, dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ketua MPD Abdya Zulkifli, Ketua MPD Aceh Azwar Tayib, Kapolres Abdya Diwakili Kasat Bimas Polres AKP. Sulaiman, Dandim 0110 Abdya Diwakili Koramil Blangpidie Kapten Inf Asman, Kajari Blangpidie diwakili H. Azwar, Ketua MPU Diwakili Said Marwan Saleh, Ketua MAA Diwakili H. Hasyim Sulaiman dan para undangan lainnya.
Sekda Abdya Drs. Ramli Bahar yang membacakan sambutan tertulis Bupati setempat mengatakan, Pendidikan merupakan kekuatan potensial guna membebaskan manusia dari berbagai perbudakan dan memerdekakan bangsanya dari keterbelakangan.
“Pendidikan membantu manusia memahami tentang apa yang dipelajari oleh manusia mengenai dirinya, membantu menempatkan keberadaan mereka dalam konteks yang tepat, membantu mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi perubahan atau mengambil keputusan mengenai masa depan mereka sendiri,” ucap Ramli Bahar.
Menurutnya, Musda tersebut sangat penting agar dapat menghasilkan pemikiran dan hasil positif untuk kemajuan pendidikan serta organisasi Majelis Pendidikan Daerah (MPD) di masa kini serta di masa-masa mendatang.
“Pendidikan bukanlah hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi diperlukan keterlibatan semua pihak tidak terkecuali masyarakat yang menjadi obyek dari pendidikan itu sendiri,”ujarnya singkatnya.
Lebih lanjut  ia menjelaskan, Tenaga pendidik dituntut memiliki profesionalitas dalam melakukan proses belajar mengajar. Pendidik yang profesional perlu melakukan pembelajaran di kelas secara efektif, memiliki keterampilan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada peserta didik, dan menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam melakukan transformasi ilmu kepada peserta didik,” jelasnya.
Ramli Bahar menambahkan, Sebagai upaya untuk mencapai taraf pendidikan seperti ini, tentunya tidak dicapai dengan mudah, akan tetapi memerlukan ketekunan, kerja keras dan pengorbanan dari semua pihak.
“Kita semua bertanggung jawab dalam memajukan pendidikan terutama di Kabupaten Aceh Barat Daya,” tuturnya.
Berkaitan dengan ini katanya, maka MPD sebagai mitra pemerintah yang sifatnya berbasis masyarakat, normatif dan mandiri mempunyai peranan yang strategis, baik berupa pemikiran maupun dalam bentuk kontrol terhadap pelaksanaan jalannya pendidikan. “maka sudah sepantasnya kita berharap MPD bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan lebih meningkatkan lagi peranannya dibandingkan masa-masa sebelumnya,” imbuhnya.
 
Musda MPD Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 2015 ini nantinya akan melahirkan berbagai pemikiran cerdas dan inovatif yang dapat dijadikan rekomendasi bagi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di sektor pendidikan Kabupaten Abdya dimasa lima tahun mendatang. “Selamat bermusyawarah semoga saudara-saudara tetap bersemangat dan kreatif dalam memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Aceh Barat Daya,” demikian harapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Musda III Hj. Sri Sunarsih, S.Pd.MM,  Melaporkan Dasar pelaksannaan Musda yang bersumber dari APBK Tahun 2015 selama dua hari (5-6/05/2015) ini adalah Qanun Abdya No 8 Tahun 2012 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Lembaga Keistimewaan Kabupaten Abdya, AD ART Abdya Tahun 2014 Pasal 6 Ayat 2, SK Bupati No 229 Tahun 2015, SK Bupati No 230 Tahun 2013.
“Tujuan pelaksanaan Musda pada hari ini yaitu mengevaluasi, mengesahkan laporan pertanggung jawaban MPD lama, Memilih dan menetapkan pengurus MPD Abdya Priode 2015 s/d 2020 dan menyusun program dan tata tertib MPD Abdya kedepan”. Lapornya.
Ketua MPD Aceh Azwar Tayib dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada pengurus MPD Abdya lama yang telah berdedikasi tinggi terhadap pendidikan umumnya Provinsi Aceh khususnya Abdya.
Namun ia juga mengajak para undangan ketika berbicara pendidikan, kita harus melihat pendidikan tetangga, “dimana kita” ?, dan kedepan selain memasuki peralatan sebagai fasilitas sekolah juga perlu mendorong semangat kepada para generasi-generasi muda.(N)

Tinggalkan Balasan