Momen Bulan K3, Karyawan Serta Rekanan PLN Area Nias Tandatangan Fakta Integritas

Sesaat penandatanganan fakta integritas yang disaksikan oleh Perwakilan Kapolres Nias dan Manajer PLN Area Nias

NIAS, Rabu (7/2/2018) suaraindonesia-news.com – PT. PLN Area Nias (Persero) Wilayah Sumatera Utara yang dipimpin Poltak Samosir sebagai Manajer Area Nias melaksanakan Upacara Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Apel yang dipimpin langsung oleh Manajer PLN Area Nias, Poltak Samosir itu diisi dengan momen penandatanganan fakta integritas oleh semua personil karyawan serta rekanan mitra kerja PLN Area Nias.

Dalam sambutan arahan dan bimbingan General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara yang dibacakan oleh Poltak Samosir mengatakan kesehatan dan keselamatan kerja adalah hal yang utama dalam melaksanakan tugas.

“Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian tidak dikehendaki yang dapat mengganggu proses suatu aktivitas yang telah diatur. Kecelakaan tidak terjadi
kebetulan, melainkan ada sebabnya,” tutur Poltak.

Oleh karena itu, kata Poltak, faktor-faktor penyebab kecelakaan harus diteliti dan ditemukan, agar untuk selanjutnya dengan dapat dicegah dan kecelakaan serupa tidak berulang kembali.

Berdasarkan data, Indonesia memiliki angka kecelakaan kerja cukup tinggi. Pada tahun 2015 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus.

Sementara itu, untuk kasus kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian
tercatat sebanyak 2.375 kasus dari total jumlah kecelakaan kerja. total jumlah kecelakaan kerja setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga 5% – 10%.

 Untuk itu kata Poltak, untuk menghindari kecelakaan kerja dan hal Рhal yang tidak di inginkan, maka saya instruksikan 3 aspek yang wajib di perhatikan kita semua dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja yaitu:

1. Kesiapan SDM
Setiap petugas / pekerja wajib memiliki kompetensi dalam melakukan
pekerjaannya. Setiap pekerla harus dalam kondisi fisik yang prima dan
mental yang baik sebelum melakukan pekerjaan di lapangan.

2. Kesiapan Alat
Sebelum melakukan pekerjaan, pengawas K3 wajib memeriksa
perlengkapan yang akan dipergunakan secara berkala mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), kelengkapan alat kerja dan kesiapan rambu – rambu yang digunakan saat pekerjaan

3. Kesiapan SOP dan Job Safety Analysis (JSA) Setiap pekerja wajib mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) dalam melakukan setiap pekerjaan dalam segala kondisi, serta upaya untuk menganalisa dan mengidentifikasi potensi-potensi bahaya di dalamnya kemudian mengurangi ataupun menghilangkan/mengendalikan
bahaya-bahaya pada pekerjaan yang dianalisa tersebut.

Poltak Samosir juga mengucapkan tema memperingati Bulan K3 nasional Tahun 2018 “MELALUI BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN (K3) MENDORONG
TERBENTUKNYA BANGSA YANG BERKARAKTER”, marilah kita tumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja di perusahaan agar mendorong PT PLN (Persero) menjadi perusahaan
yang memiliki daya saing di industri ketenagalistrikan dan memiliki karakter yang kuat yaitu sebagai perusahaan yang peduli terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja dan mitra kerja serta menjadikan K3 sebagai kebutuhan
dan bukan beban dalam menjalankan proses bisnis di PT PLN (Persero).

Setelah pembacaan sambutan tersebut Manajer Area Nias beserta asmen mengadakan pengecekan semua peralatan kerja petugas.

Disesi terakhir acara apel K3 tersebut semua pegawai dan rekanan PLN dibawah Area Nias mengadakan penandatanganan fakta integritas yang disaksikan oleh perwakilan Kapolres Nias.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here