Minta Tidak Naikan Tarif, HMI Demo Kantor PDAM Ciamis

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis, menggelar aksi unjuk rasa kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis, Kamis (13/9/2018).

CIAMIS, Kamis (13/9/2018) suaraindonesia-news.com – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis, Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis, Kamis (13/9/2018).

Aksi tersebut sempat diwarnai kericuhan, ketika peserta aksi bentrok dengan aparat keamanan. Kericuhan dipicu oleh aksi mahasiswa yang akan membakar Ban bekas, namun tidak diijinkan oleh pihak keamanan.

Sebelumnya mahasiswa HMI melakukan Long March (Jalan Kaki) dari Sekertariat HMI Ciamis di Komplek Perkantoran, Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis, menuju Kantor PDAM Tirta Galuh Ciamis di Jalan Iwa Kusumah Sumantri.

Dalam aksinya tersebut aktivis HMI Ciamis menuntut PDAM untuk tidak menaikan tarif antara 14 sampai 22 persen pada awal bulan September 2018, karena dinilai tidak rasional di tengah krisis ekonomi masyarakat saat ini.

Baca Juga: Pabrik Tahu di Jalan Bromo Kota Batu Ludes Terbakar 

Koordinator Lapangan (Korlap) HMI Cabang Ciamis Hendriawan Firmansyah mengatakan, berdasarkan data laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Tahun 2017 pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis sebanyak 27.098 orang.

“Ini sangat tidak sesuai dengan pernyataan pihak PDAM yang hanya mempunyai keuntungan Rp. 300 juta per tahun,” kata Hendri dalam orasinya.

Hendri mempertanyakan, berdasar data pemberitaan, pada tahun 2017 sebanyak 2000 pelanggan PDAM nunggak dengan kerugian perusahaan sebesar Rp. 1.3 Milyar. Lantas Pendapatan PDAM dari sisa 25 ribu pelanggan berapa milyar keuntungan yang diperoleh?

“Berdasar data ini sangat tidak rasional ketika PDAM Tirta Galuh Ciamis mengaku hanya untung Rp. 300 juta setahun. Sebab Jika diasumsikan, pendapatan PDAM itu setara dengan pemasukan Rp. 1000 / pelanggan,” Katanya.

Karenanya HMI menuntut Managmen PDAM Tirta Galuh Ciamis untuk diaudit oleh Tiem Auditor independen.

“Kami juga mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut mengawasi kinerja perusahaan kebanggaan masyarakat Ciamis ini, agar benar benar memiliki keberpihakan terhadap masyarakat,” Pungkasnya.

Reporter : Mahendra
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here