Minggu Depan Kelayakan Jalan 195 Ambulance Desa Selesai

Terlihat petugas sedang melakukan perawatan ambulance desa. (Foto: Istimewa).

JEMBER, Jumat (23/3/2018) suaraindonesia-news.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember pada tahun lalu telah merelisasikan sebanyak 195 ambulance desa, sehingga kurang 53 unit ambulance desa lagi untuk memenuhi target dimana total desa di Kabupaten Jember berjumlah 248 desa yang rencananya akan direalisasikan pada tahun ini.

Mengenai pengurusan kelayakan jalan unit pelayanan kesehatan gratis ini, Kadinkes Jember, dr. Siti Nurul Qomatiyah menerangkan bahwa 50 unit yang terdiri dari 40 unit medan datar dan 10 unit medan sulit, kelayakan jalannya telah selesai dan sudah lebih dahulu beroperasional.

“Saat ini ada 50 unit ambulance desa yang merupakan realisasi APBD awal pada tahun 2017 telah lebih dahulu operasional,” kata dr. Nurul, Jumat (23/3).

Baca Juga: Ditengarai Sarat Permainan, Harga BBM di Sapeken Melambung Tinggi 

Sementara sisanya yaitu 145 unit dengan spesifikasi 90 unit merek Daihatsu Luxio, 40 unit merek Chevrolet dan 15 unit merek Hyundai, kelayakan jalannya akan selesai pada minggu depan.

“Sehingga total 195 unit itu hampir bisa dipastikan pekan depan telah selesai dokumennya baik STNK, plat nomor, berikut sopir dan SOP operasionalnya,” imbuhnya.

Mengenai kabar yang beredar bahwa ratusan ambulance desa yang diparkir di halaman Dinkes Jember untuk menunggu kelayakan jalannya selesai itu tidak dirawat, ditepis oleh Kadinkes Jember, dr. Nurul.

“Rutin mobil ambulance desa ini dicuci, kita tetap maksimalkan perawatan aki, mesin, bodi dan accessorisnya,” tegasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here