Meski Ditangani Langsung Provinsi, Pemkot Batu Tetap Kucurkan Bosda Untuk SMA/SMK

Mistin kepala Dinas pendidikan kota Batu

KOTA BATU, Rabu (12 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Meski sekarang SMA/SMK di kota Batu ditangani langsung oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, bukan berarti Pemkot Batu tutup mata bahkan lebih lebih memperhatikan dalam hal Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

Bahkan kali ini Bosda yang bersumber dari APBD kota Batu terus meningkat, tahun 2016 sebesar Rp 2,5 Miliar dan untuk tahun 2017 diperkirakan tembus Rp 3 Miliar.

“Kami tetap menganggarkan Bosda untuk SMA/SMK/MA yang diambilkan melalui APBD Pemkot Batu,” kata Mistin Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu saat ditemui, Rabu (11/7/2017).

Untuk itu, sekolah yang sudah merampungkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) pihak sekolah segera menyetorkan datanya ke Dindik. Hal itu untuk mengetahui jumlah yang disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Menurut dia, setelah mengetahui jumlah siswa, disetiap SMA negeri maupun swasta, Pemkot Batu dalam hal ini Dinas pendidikan akan mengcover biaya untuk SMA/MA sebesar Rp 100 ribu sedangkan untuk SMK dicover sebesar Rp 120 ribu per bulannya.

“Anggarannya akan disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada,” katanya.

Pada tahun 2016 untuk Bosda SMA/K mencapai Rp 2,5 miliar lebih. Sedangkan tahun ini dipresdiksi bisa lebih dari itu. tergantung jumlah siswa.

Sedangkan BOS yang bersumber dari APBN masih terus berjalan sesuai tahun sebelumnya, demikian pula dengan program bantuan siswa miskin (BSM). akan tetap melalui kartu Indonesia Pintar (KIP). (Adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here