Menyeruak Pemilu Damai Diadakan KIP Kota Langsa

oleh -328 views
Ketua KIP Langsa, T. Faisal SH, di dampingi, Komisioner KIP, Ridwan ST, Samsul Bahri dan Drs Marzuki, sedang membacakan Ikrar Pemilu Damai 2019. - SI/Rusdi Hanafiah

LANGSA, Minggu (23/09/2018) suaraindonesia-news.com – Pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden secara rentak tahun 2018, baru saja masuk tahapan kampanye. Dimana, seluruh perangkat penyelenggara melakukan sosialisasi pemilu damai secara serentak.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa, menggelar Sosialisasi dan Deklarasi kampanye Pemilu damai 2019 di Lapangan Merdeka Langsa, Minggu (23/9/2018). Dalam kegiatan tersebut melibatkan partai politik peserta Pemilu, institusi pemerintah, TNI/Polri dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua KIP Kota Langsa, T. Faisal menyebut, deklarasi kampanye pemilu damai merupakan bagian mengaktualisasikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa lewat hajatan bertajuk pemilihan umum.

Baca Juga: Danrem Bersikeras Memotivasi Anak Menuju Masa Depan

“Dimulainya kampanye Pemilu 2019, sangatlah tepat bagi KIP Kota Langsa sebagai penyelenggara Pemilu serta memfasilitasi adanya deklarasi Pemilu damai,” tuturnya.

Dikatakannya, sikap yang tertuang dalam naskah deklarasi, nantinya diharapkan bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka. Namun, lebih dari itu, memiliki makna untuk mempertegas sikap peserta Pemilu 2019 Kota Langsa yang mencintai kedamaian.

“Sikap itu nantinya, akan memuat komitmen dan konsisten seluruh calon anggota DPRK Langsa dan menjadi keharusan untuk turut menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses dan tahapan Pemilu 2019,” ujarnya.

Disebutkan, penyelenggaraan kampanye yang merupakan bagian dari tahapan Pemilu diatur dalam PKPU Nomor:28 Tahun 2018 perubahan atas PKPU Nomor:23 Tahun 2018, tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Kampanye dilaksanakan selama lebih 6 bulan dan berakhir 3 hari sebelum pemungutan dan perhitungan suara. Dimulai sejak 23 September 2018 sampai 14 April 2019 atau 3 hari menjelang pemungutan suara,” jelasnya.

Terakhir, Faisal berharap agar pelaksanaan Pemilu di Kota Langsa dapat berlangsung sukses dengan tetap mengedepankan semangat kebersamaan, merawat perdamaian Aceh sehingga terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Reporter : Rusdi Hanafiah
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan