Menuju Kabupaten Blitar Sehat

Blitar,SuaraIndonesia-News.Com – Pengembangan Kabupaten Blitar Sehat satu diantara bagian dari dinamika semangat baik  bagi Pemerintah Daerah, lembaga legislative dan komponen masyarakat ( Forum Kabupaten Blitar Sehat ) dalam jaminan kerjasama yang indah untuk mewujudkan kondisi Kabupaten Blitar Sehat. Hal inimengemuka dalam Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur, Selasa ( 10/6 ) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Bupati Blitar, H.Herry Noegroho yang didampingi oleh Wakil Bupati Blitar, H. Rijanton mengungkapkan, Kabupaten Sehat merupakan proses yang berjalan dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas fisik, sosial dan budaya dengan pengembangan potensi masyarakat. Sedangkan tujuan penyelenggaraan Kabupaten Sehat ini tercapainya kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan ditempati bagi warganya dengan melaksanakan program kesehatan dan lintas sektor terkait.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini, juga menjelaskan beberapa tahapan menuju Kabupaten  Sehat  antara lain : mensosialisasikan Peraturan Bersama Mendagri, Menkes tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dan meningkatkan jejaring antar pelaku secara berjenjang,sinergis dan berkelanjutan.  Bupati Blitar meminta, Kabupaten Blitar bisa meraih predikat Kabupaten Sehat yang SIMPATIK yang notabene adalah motto, visi dan misi Kabupaten Blitar menuju Sehat yakni : Sehat, Indah, Nyaman dan Patriotik. Untuk itu menciptakan Kabupaten Sehat dimulai dari keluarga yang sehat,desa dan kecamatan yang sehat.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati BlitarH.Rijanto, orang nomor dua ini menekankan untuk meraih Kabupaten Sehat harus bekerja maiksimal dari semua stakeholders yang ada. Misalnya : di lingkungan sekolah harus tersedia cuci sabun,pendirian Posko Kabupaten Sehat, gerakan Jumat Bersih dan Minggu Bersih serta pembinaan Pasar Sehat. Harapannya, Kabupaten Blitar bisa meraih penghargaan dari Kabupaten Sehat tersebut.

Sebelumnya juga, dr. Kuspardani, selaku Kepala Dinas Kesehatan – Kabupaten Blitar yang juga Ketua Tim A juga menjelasdkan untuk menuju Kabupaten Blitar Sehat telah ditunjuk 9 Kecamatan dan 55 Desa, antara lain Kec.Wlingi,Sutojayan dan Garum. Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Jawa Timur syaratnya semua desa atau kecamatan harus ODF atau bebas buang air besar diruang terbuka, dan syarat wajib dari Lomba Kabupaten Sehat ini adalah adanya Kawasan Sarana Dan Prasarana Umum,Kawasan Masyarakat Mandiri. Tim Verifikasi dari Provinsi Jawa Timur akan meninjau lokasi sekitar bulan Agustus 2014 mendatang. Bentuk penghargaan Kabupaten Sehat adalah Swasti Saba yng terbagi dalam tiga Kategori yakni : Swasti Saba Padapa ( Pemantapan ), Swasti Saba Wiwerda ( Pembianaan ) dan Swasti Saba Wistara ( Pengembangan ), pungkasnya. ( Hum/ich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here