Menteri BUMN, Rini Soemarno Kunjungi Kabupaten Jember

Reporter : Guntur Rahmatullah

JEMBER, Senin (27/2/2017) suaraindonesia-news.com – Rini Soemarno, Menteri BUMN mengunjungi Kabupaten Jember, yang disambut langsung oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR. Senin (27/2).

Dalam kunjungannya, Menteri Rini mengisi sejumlah agenda di acara Gerakan Kemandirian Pangan dan Sinergi BUMN di Kabupaten Jember. Agenda tersebut diantaranya menyerahkan secara langsung Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupa kartu tani kepada sejumlah petani dan peternak sapi yang bertempat di Arum Sabil City of Forest and Farm, Jl. Kaliurang Jember.

Adapun KUR tersebut didukung oleh PT. Bank Negara Indonesia (BNI), Persero Tbk. Menteri Rini melihat secara langsung proses transaksi pertanian melaui e-Wallet atau dompet elektronik.

Menteri Secretary BNI, Kiryanto mengatakan bahwa sampai tanggal 24 Februari 2017, Kartu Tani BNI yang telah diaktivasi mencapai kurang lebih 3800 kartu. Penyaluran ini terhitung cukup cepat sejak kartu tani diluncurkan pada Desember 2016.

“Dengan pembagian Kartu Tani ini di Jember dan daerah-daerah lain, maka jumlahnya bisa semakin bertambah. Sejak 28 Desember 2016, BNI telah menyalurkan KUR kepada 129 Petani dengan menggunakan sistem e-Wallet,” kata Kiryanto.

Disamping itu, Kartu Tani ini juga disalurkan untuk membiayai peternak sapi asal Jember dan sekitarnya yang masuk cakupan BNI wilayah Malang.

“Pada Tahun 2016, BNI wilayah Malang mencatat penyaluran KUR sebesar Rp. 957,51 milyar atau 100,57 persen dari target yang ditetapkan. Kemudian memasuki Tahun 2017, hingga 21 Februari 2017, BNI wilayah Malang telah menyalurkan KUR sebesar Rp. 27,12 milyar kepada 6 kelompok industri,” tambah Kiryanto.

Sementara itu, Menteri Rini menyampaikan peningkatan Perusahaan Gula (PG) milik PTPN XI Jatiroto Lumajang.

“Kami telah meresmikan peningkatan kapasitas giling PG Jatiroto sampai 10.000 ton tebu perhari. Ini masih akan membangun dua PG lagi yakni satu di Jawa Timur dan satu di Jawa Tengah,” kata Rini.

Ketua Dewan Pertimbangan Assosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Arum Sabil menyambut suka cita peningkatan kapasitas ini.

“Dengan peningkatan kapasitas giling, maka akan lebih efisien dalam proses penggilingan tebu. Sebelumnya PG Jatiroto memang selalu kelebihan bahan baku (tebu),” ujar Arum.

Disela-sela acara ini, Menteri Rini juga menyampaikan keinginan Presiden Jokowi kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis yang akan mendatangi Indonesia berharap bisa berinvestasi di Indonesia.

“Presiden menginginkan hubungan antara Indonesia dengan Arab Saudi kembali erat. Harapannya mereka bisa berinvestasi untuk pembangunan jalan tol dan bandara”, ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here