Menghadapi Cuaca Ektrim, BPBK Abdya Himbau Masyarakat Lebih Waspada

Reporter: Nazli Md

Abdya, suaraindonesia-news.com – Menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memaksa pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat mengimbau masyarakat yang bekerja di kebun dekat lereng pegunungan agar waspada.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin SPd, Rabu (22/6) menyebutkan, cuaca ekstrem yang ditandai dengan tingginya intensitas hujan dan angin kencang bisa berdampak terhadap tanah longsor. Terutama kawasan pegunungan.

“Masyarakat yang beraktivitas atau bekerja di kebun berpotensi besar menerima dampak dari perubahan cuaca tersebut yakni longsor,” sebut Amiruddin.

Untuk itu, Amiruddin menegaskan, masyarakat di kawasan pegunungan dan lereng bukit harus waspada terhadap guyuran hujan lebat yang bisa berakibat terjadinya bahaya tanah longsor.

”Memang selama beberapa hari terakhir ini belum ada terjadi longsor. Tetapi warga perlu diingat agar lebih berhati-hati saat beraktivitas di kawasan rawan tanah longsor, terlebih kepada mayarakat yang bermukim didekat kaki bukit,” harap Amiruddin.

Selain mewaspadai bahaya tanah longsor, Amirrudin juga meminta para nelayan agar lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

“Peringatan ini kita keluarkan berdasar informasi dari BMKG yang menyebutkan ngin kencang masih melanda wilayah barat selatan Aceh dengan kecepatan 30 km per jam dengan ketinggian gelombang laut berkisar antara 1 sampai 4 meter,” jelas Amirrudin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here