Memulai Usaha Ternyata Bukanlah Soal Modal

Foto : Agus Effendy saat memberikan materi di dalam seminar. (Foto : Istimewa)

JEMBER, Senin (4 September 2017) suaraindonesia-news.com – Memulai suatu bisnis terkadang membuat orang bingung dengan proses kalkulasi yang terkadang malah bikin orang tersebut tidak segera memulai bisnis yang direncanakannya.

“Bisnis itu yang penting dimulai dulu, dibuka dulu, itu yang kami sebut sukses tanpa mikir,” ucap Ketua KWJ yang juga menjadi speaker dalam acara ini, Agus Effendy, Minggu (3/8).

Ada sekitar 150 orang yang mengikuti seminar bertajuk Trik Jitu Memulai Bisnis Dari Nol dan Ternyata Memulai Bisnis Bukanlah Hanya Dengan Uang.

Selain Agus Effendy, speaker lainnya ialah Novan Yudhistira (motivator) dan Asep (bos tahu bulat) sebagai inspirator.

Dalam acara ini peserta diarahkan agar mindset wirausahanya mulai lahir dan memberanikan diri untuk memulai usaha.

Salah satu peserta yang telah menjadi anggota KWJ, Nindia Wahyuningsih (19) mengaku awalnya dalam usianya yang masih muda, dia belum berani membuka bisnis.

“Awalnya saya memang belum yakin untuk memulai bisnis, namun berkat edukasi yang saya dapatkan di KWJ, saya pun memutuskan memulai usaha sekarang,” ucap Nindia.

Bisnis kuliner yang unik mampu membuatnya menjadi pribadi yang mandiri sekarang.

“Nasi Bieber dengan konsep mirip humberger sengaja saya ciptakan untuk membuat suatu hal yang berbeda dalam dunia kuliner,” tambah Nindia.

Ia mengaku sekarang setidaknya sehari berhasil mendapatkan orderan 50 hingga 100 porsi perharinya.

“Banyak edukasi di KWJ yang membuat usaha saya semakin terarah,” kata Nindia.

Senada dengan Nindia, anggota KWJ, Ibu Auni (45) mengaku sangat terbantu dalam segi teknik pemasarannya.

“Saya lebih mudah memasarkan usaha susu kedelai ke swalayan-swalayan di Jember,” ucap Ibu Auni yang biasa dipanggil Mama Oni oleh para anggota KWJ lainnya.

Meski sudah usia lanjut, Mama Oni membangun bisnisnya sendirian dan terbukti bisa berjalan serta mempunyai banyak jaringan pemasaran sekarang.

“Memang betul apa yang dikatakan oleh Mas Agus Effendy (Ketua KWJ) bahwa memulai bisnis jangan banyak mikir, penting dibuka dulu,” tukasnya. (Guntur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here