Maksimalkan Pelayanan, RSUD Moh Anwar Sumenep Hadirkan ‘Pojok Informasi’

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep kembali menghadirkan Satu inovasi ‘Pojok Informasi’

SUMENEP, Senin (25/12/2017) suaraindonesia-news.com – Upaya memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep kembali menghadirkan Satu inovasi ‘Pojok Informasi’. Dimana terobosan tersebut berfungsi jika ada masyarakat yang ingin mengetahui informasi keseluruhan yang berkaitan dengan rumah sakit plat merah tersebut.

Direktur utama RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Fitril Akbar menjelaskan jika keberadaan ‘Pojok Informasi’ sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Pemberian informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

Layanan di ‘Pojok Informasi’ kepada masyarakat bisa dilakukan mulai persiapan pelayanan, pelaksanaan pelayanan, hingga informasi pertanggungjawaban atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga semua diketahui secara jelas dan transparan.

“Tujuan dengan adanya Pojok Informasi ini sebagai upaya memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur kepada masyarakat,” jelas Fitril, kemarin (20/12)

Menurut Fitril, bentuk informasi yang diberikan di ‘Pojok Informasi’ tersebut, pertama bisa melalui data langsung, seperti halnya tulisan, gambar, grafik atau rekaman. Kemudian, bisa dilakukan secara tidak langsung, dalam hal ini bisa menggunakan akses informasi dan komunikasi internet, seperti website, SMS, MMS, dan faximile. Yang intinya adalah untuk mempermudah akses komunikasi da informasi  antara pihak rumah sakit dengan pasien ataupun keluarganya.

“Beberapa point penting dibentuknya Pojok Informasi, diantaranya menyediakan saluran informasi, memberikan hak pada masyarakat atau publik untuk mendapatkan informasi mengenai pelayanan kensehatan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep sesuai dengan undang-undang yang berlaku serta etika kesehatan,” terang Fitril.

Baca Juga: Janji Bina Marga Benahi Seluruh Jalan Berlubang Tak Terbukti 

Selain itu kata dia, guna menfasilitasi dan menata mekanisme pencapaian Informasi kepada Masyarakat atau publik yang memerlukan informasi terkait dengan pelayanan rumah sakit Moh. Anwar Sumenep.

“Kepastian pelayanan berkenaan informasi untuk membangun citra positif dan harapan penentuan pilihan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan melakukan komunikasi efektif dan mempererat bahkan menciptakan rasa memiliki dan saling memahami antara masyarakat dan pemberi pelayanan kesehatan sehingga masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam keseluruhan proses pelayanan rumah sakit,” sebutnya.

Namun, kata Fitril tidak semua informasi yang di RSUD Moh. Anwar bisa diakses, memang ada beberapa informasi yang tidak boleh dikonsumsi publik. Diantaranya ada informasi yang berkenaan dengan rahasia kedokteran (catatan medis) yang pemohonnya dibatasi sebagaimana diatur dalam undang undang.

Kemudian informasi yang apabila diberikan akan menghambat proses penyelidikan dan penyidikan, mengungkap identitas informan, pelapor, saksi dan atau korban yang mengetahui adanya tindak pidana, mengungkap kandala intelejen kriminal dan rencana–rencana yang berhubungan dengan pencegahan dan penanganan segala bentuk kejahatan trans nasional, membahayakan keselamatan dan kehidupan pelaksana pelayanan dan atau keluarganya. Dan membahayakan keamanan peralatan, sarana dan atau prasarana pelayanan yang ada di Rumah Sakit.

“Jadi, silahkan masyarakat bisa memanfaatkan Pojok Informasi yang ada di area forn office rumah sakit kami,” pungkasnya.

Reporter : Mahdi
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here