Makinpintar.com Minimalkan Kesenjangan Pendidikan di Indonesia

Soegianto Soelistiono (kiri) bersama Bagas D Bawono dan Bintang Juliarso, dalam peluncuran situs makinpintar.com di Surabaya, Senin (25/1/2016)

Reporter : Adhi

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Kehadiran internet sebagai salah satu perkembangan tehnologi telah merubah wajah dunia. Kedekatan masyarakat global juga menjadi sangat luar biasa. Begitu juga di dunia pendidikan Nasional.

Menyadari masih cukup besarnya kesenjangan pendidikan di Indonesia, terutama antara satu daerah yang maju dan yang belum berkembang, membuat munculnya situs makinpintar.com, yang dideklarasikan di Surabaya, Senin (25/1/2016)

Situs makinpintar.com sebagai portal akademik nasional yang dibuat dalam rangka mempercepat proses kolaborasi pendidikan di Indonesia, diyakini akan mampu mempercepat proses pemerataan pendidikan di Indonesia.

Seperti dikatakan Founder makinpintar.com, Bagas D. Bawono, situs ini dilahirkan dengan tujuan untuk mempertemukan siswa, guru, dan pegiat pendidikan di Indonesia agar lebih mudah berkomunikasi dan saling bertukar informasi.

“Diharapkan dengan adanya situs pendidikan ini, maka kesenjangan pendidikan antar daerah di Indonesia bias lebih di minimalisir,” terangnya.

Sementara Kepala Pusat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Soegianto Soelistiono, mengatakan, perkembangan media social yang banyak bermunculan saat ini, relative tidak ada yang memiliki perhatian di bidang pendidikan.

“Melalui formast social media ini, makinpintar.com diharapkan bias menjadi sarana komunikasi yang mampu menarik pemakai dalam jumlah yang massif dengan intensitas pemakaian yang panjang,” lanjutnya.

Soegianto juga menjelaskan bahwa makinpintar.com sebenarnya situs yang dikembangkan dari dua blog yang sebelumnya dimiliki Unair di bidang pendidikan, yaitu guru-indonesia.net dan siswa-indonesia.net yang sudah memiliki 90.000 pengguna terdaftar.

“Dengan kolaborasi di dalam makinpintar.com ini, tentunya mereka yang sudah terdaftar di dua blog itu akan menjadi bagian yang tak terpisahkan di stus makinpintar.com ini,” jelas Soegianto.

Disisi lain, Bagas meyakini bahwa makinpintar.com dalam waktu dekat akan semakin besar dan bias memiliki sekitar 5 juta pengguna terdaftar dan aktif hingga akhir tahun 2016 ini.

Keyakinan ini sepertinya tidak berlebihan karena dalam perkembangan kedepan, makinpintar.com akan dilengkapi dengan berbagai fitur dalam berkomunikasi seperti chatting, video conference, dan fitur-fitur lainnya.

Makinpintar.com menurut Bagas, juga akan bekerjasama dengan dengan beberapa pihak untuk menyediakan fasilitas penunjang pendidikan dengan harga murah dan terjangkau, seperti misalnya untuk mengantisipasi harga buku-buku penunjang pendidikan yang cukup mahal, makinpintar.com akan bekerjasama dengan pihak penerbit untuk men-substitusi buku-buku tersebut dengan format E-Book yang harganya lebih terjangkau dan dapat diakses dengan mudah di makinpinpintar.com.

“Dan sesuai dengan nama situs ini sendiri, kami harapkan seluruh masyarakat Indonesia akan dapat memiliki kesempatan untuk menjadi pintar,” pungkas Bagas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here